Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Arus Air Deras, Perahu Penyeberangan Sungai Brantas Gunakan Seling

19 Desember 2018, 08: 28: 06 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perahu penyeberangan di Sungai Brantas yang menggunakan seling menyusul derasnya arus air

Perahu penyeberangan di Sungai Brantas yang menggunakan seling menyusul derasnya arus air (RICKY VAN ZUMA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

MEGALUH – Derasnya aliran sungai Brantas di awal musim penghujan ini membuat jasa perahu penyeberangan harus waspada. Seperti yang terlihat di tambangan Desa Sumberagung, Kecamatan Megaluh menuju Plandaan, para penambang harus menggunakan seling (tali) agar perahu tetap aman. 

”Memang alirannya makin deras kalau musim hujan, pakai seling ini supaya aman. Apalagi dekat dam karet, alirannya bisa kencang sewaktu-waktu kalau pintu dam dibuka,” ujar Parno, salah satu penambang.

Dengan menggunakan seling itu penumpang merasa lebih nyaman dan tenang. ”Anginnya juga kencang disini, meski tidak musim hujan saya lebih tenang menggunakan seling,” jelasnya. 

Perahu penyebarangan di Desa Sumberagung sendiri berukuran kecil. Kapasitas roda dua yang diangkut pun terbatas. Belum lagi jalan menuju tambangan juga cukup curam sehingga penumpang tidak begitu banyak.

Kendati demikian jasa tambangan ini tetap beroperasi meski hujan dan permukaan sungai sedang pasang. Sebab keberadaan perahu penyeberangan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempersingkat perjalanan menuju tempat tujuan.

“Apalagi letak jembatan Ploso cukup jauh, sehingga tambangan menjadi pilihan utama masyarakat sekitar,” pungkasnya. (*)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia