Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Program Seragam Gratis, Siswa Bakal Terima Empat Stel

17 Desember 2018, 13: 49: 25 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Budi Nugroho

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Budi Nugroho (RICKY VAN ZUMA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Program  seragam gratis untuk murid baru SD-MI dan SMP-MTs  negeri swasta di Jombang terus dimatangkan. Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang pun optimistis seragam gratis ini bakal bisa diberikan pada awal tahun ajaran baru 2019 mendatang.

”Sudah direncanakan pengalokasiannya, tinggal memantapkan mekanismenya termasuk penajaman proyeksi jumlah murid baru penerima. Kita siapkan betul pelaksanaannya, supaya tidak terjadi persoalan di kemudian hari,” ujar Budi Nugroho, Kadisdik Jombang saat dihubungi Jawa Pos Radar Jombang. 

Dia menuturkan proyeksi penerima seragam ini sebanyak 46.065 murid baru terdiri dari 21.688 murid SD-MI dan 24.377 murid SMP-MTs. Nantinya setiap siswa akan dianggarkan Rp 554.300 untuk jenjang SD-MI, sedangkan Rp 750.950 per siswa jejang SMP-MTs.

”Yang jelas lebih fokus ke seragamnya disesuaikan anggaran, satu siswa dapat empat stel seragam. Meski bisa dirupakan yang lain seperti sepatu tapi dikhawatirkan menurunkan kualitas seragamnya,” lanjutnya.

Sehingga program ini fokus pada pengadaan seragam mulai merah-putih/hijau putih jenjang SD-MI atau biru putih untuk jenjang SMP-MTs, pramuka dan batik serta seragam olahraga. Terkait perkembangan program seragam gratis, kini  sudah sampai pada tahap survei pasar.

”Sudah kami siapkan dan sempurnakan, sampai tahap pelaksanaan. Ini pekerjaan besar yang berangkat dengan niat yang baik meningkatkan akses pendidikan,” tandasnya. Program seragam gratis ini bakal disalurkan melalui Bosda.

”Besaran Bosda ini tergantung daerah, dengan pengadaan seragam gratis ini Bosda akan naik untuk SD-MI dan SMP-MTs. Juknisnya nanti dijelaskan pembelian seragam, kalau dilelangkan tidak bisa sebab disana ada seragam khusus yang tidak sama. Juknisnya nanti diperbupkan, petunjuk Bosda  nanti untuk murid baru ya murid baru saja lainnya tidak,” tambah Priadi, sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

Dana Bosda sendiri diberikan Pemkab Jombang untuk semua murid di Jombang baik di madrasah maupun sekolah mulai jenjang SD-MI, SMP-MTs dan SLB baik negeri dan swasta. Total dana Bosda Jombang 2018 mencapai Rp 21.163.000.000. Dengan adanya program seragam gratis sebesar Rp 30 miliar ini maka dana Bosda 2019  akan melonjak drastis. (*)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia