Rabu, 13 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Oven Rusak, Gudang Kayu PT Jati Mapan Terbakar

16 Desember 2018, 20: 30: 19 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Proses pemadaman api yang dilakukan warga bersama petugas

Proses pemadaman api yang dilakukan warga bersama petugas (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Gara-gara mesin oven kayu rusak, sebuah pabrik pengolahan kayu PT Jati Mapan di Jalan Gatot Subroto Jombang, terbakar Sabtu siang kemarin (15/12). Akibatnya, gudang berisi penuh kayu itu ludes dalam sekejap dilalap si jago merah.

Dari data yang berhasil dihimpun, api pertama kali diketahui salah satu karyawan dari gudang tempat pengeringan kayu sekitar pukul 12.30 WIB. Gudang ini disebut karyawan pabrik merupakan tempat oven kayu basah. “Tiba-tiba sudah ada api dari ruangan oven itu,” terang Arifin, saksi mata kejadian, sambil menunjuk ke arah lokasi.

Besarnya angin membuat api kian membesar. Karena tak mampu memadamkan kobaran api itulah beberapa karyawan akhirnnya meminta bantuan mobil pemadam kebakaran. “Awalnya kita coba pakai manual, karena genset rusak, kita panggil pemadam itu,” lanjutnya.

Proses pemadaman berjalan cukup sulit, meski ada 2 unit mobil pemadam dan 2 unit mobil pengangkut air yang datang ke TKP. Luas gudang yang tebakar hanya 4x5 meter. Tapi lantaran banyak material kayu yang mudah terbakar, membuat api tak mudah dijinakkan.

Gunadi, Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Jombang mengatakan pemadaman baru selesai pukul 15.30. Kendalanya gudang yang kecil tapi penuh kayu. “Jadi kita butuh lama api benar-benar mati,” terangnya usai pemadaman.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materiil masih dihitung karena menghanguskan 40 persen kayu di dalam gudang. Dari hasil pemeriksaan sementara, penyebab kebakaran diduga lantaran besi plat penutup oven tak kuat menahan panas mesin pengering. “Penyebab awalnya dari blower dari bawah ada plat besi yang bocor dan mengenai kayu,” pungkas Gunadi. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia