Rabu, 20 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Hukum

Polres Masih Tunggu Hasil Labfor Kasus Kebakaran Undar Jombang

15 Desember 2018, 08: 34: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tim Labfor Mabes Polri saat melakukan olah TKP di kampus Undar yang terbakar.

Tim Labfor Mabes Polri saat melakukan olah TKP di kampus Undar yang terbakar. (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Kebakaran gedung Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang pada Senin (3/12) masih menyisakan teka-teki. Polisi belum memastikan penyebab kebakaran. Penyidik masih menunggu hasil tim Labfor (Laboratorium Forensik) Mabes Polri Cabang Surabaya.

"Terkait kebakaran kampus Undar, kita sudah lakukan pemeriksaan saksi-saksi. Saya sudah minta Kasatreskrim untuk segera koordinasi dengan tim labfor terkait penyebab kebakaran, mungkin dalam minggu ini berangkat ke Surabaya," beber Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto (12/12) kemarin.

Dijelaskan Fadli, saat ini pihaknya sudah mengantongi sejumlah data dan keterangan dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, meski begitu sampai sekarang pihaknya belum bisa menyimpulkan.

"Saksi-saksi sudah diambil keterangan semua. Itu nanti menunggu hasil tim labfor. Memang hasil labfor cukup lama, karena nanti juga harus mencocokan dengan hasil keterangan dan penelitian di lapangan juga," bebernya.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda gedung kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Senin (3/12) petang. Akibatnya, sejumlah ruangan ludes dilalap api. Tidak ada korban jiwa dari insiden kebakaran, kerugian diklaim mencapai sepuluh miliar rupiah.

Usai kejadian itu, polisi dibantu tim labfor dari Polda Jatim terjun ke lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas menyisir lokasi gedung yang terbakar untuk mencari petunjuk dari titik api berasal.

Sejumlah barang bukti diamankan tim labfor guna diteliti dilaboratorium. "Ada arang, abu, ada kabel, trafo listrik nanti kita teliti di laboratorium," terang AKBP Joko Siswanto Kasubdit Fiskom Labfor Polri Cabang Surabaya disela-sela olah TKP kebakaran, beberapa waktu lalu.

Sementara, disela-sela menunggu hasil penelitian tim labfor, polisi juga melakukan serangkaian pemanggilan saksi. Total ada sekitar 14 saksi yang diambil keterangan di Mapolres Jombang. "Masih kita dalami keterangan saksi-saksi," singkat Kasatreskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia