Kamis, 23 Jan 2020
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Puting Beliung di Sumbermulyo Jogoroto, Empat Warga Terluka

14 Desember 2018, 10: 22: 41 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi rumah warga usai diterjang angin puting beliung

Kondisi rumah warga usai diterjang angin puting beliung (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Angin puting beliung juga menerpa dua dusun lainnya di kecamatan berbeda. Yakni Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, dan Desa Murong, Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto. Selain belasan rumah dan bangunan terdampak, angin juga melukai empat orang warga.

Ini yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Jombang melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Gunadi.  "Waktunya juga hampir bersamaan dengan kejadian yang di Budugsidorejo," terangnya kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Di Dusun Murong Desa Mayangan, Angin ini merusak dua industri tahu rumahan yang sedang beroperasi. Meski tak berat, kerusakan ini menerpa bagian atap yang terbuat dari seng. "Untuk di Dusun Murong memang pada bangunan kerusakan hanya ditemukan pada dua industri tahu. Untuk pemukiman belum ada laporan yang masuk," lanjutnya.

Meski demikian, seng yang beterbangan sempat membuat arus listrik terganggu. Beruntung pagi kemarin arus listrik sudah menyala normal setelah pembenahan. "Sempat pemadaman juga di sana, tapi sekarang  sudah normal kembali," imbuhnya.

Sementara kerusakan lebih parah, terjadi di Dusun Bapang Desa Sumbermulyo. Di lokasi ini ada sembilan rumah yang atapnya rusak beterbangan tertiup angin. "Selain sembilan rumah itu, ada satu pabrik tahu juga yang ikut rusak terdampak. Namun semuanya masih tergolong kerusakan ringan," lanjutnya.

Selain merusak bangunan, angin yang menerpa pemukiman di dusun ini  melukai empat orang.  Semua yang terluka adalah penghubi rumah yang tak sempat melarikan diri saat angin menerbangkan atap hingga bagian atap mengenai angggota tubuh.

Korban masing-masing adalah Devin M. Syahriza, 3 yang mengalami luka di kepala akibat kena atap, Hadi Sutrisno, 28, mengalami luka sobek di punggung kanan. M. Abdahu Sohibul Hasan, 14, mengalami luka sobek di telinga kiri dan Faiqoh, 36, juga mengalami luka sobek punggung. "Semua korban beralamat di RT 02 RW 11, dan sudah di rawat di mantri setempat," sambungnya.

Hingga kemarin,  BPBD masih  fokus pada pendataan sejumlah kerusakan dan korban akibat tiupan angin ini. Ditanya masalah penyaluran bantuan yang belum dilakukan seperti keluhan warga di Dusun Sembujo Desa Budugsidorejo, Gunadi hanya menyebut masih dalam proses. "Sampai hari ini (kemarin) kami masih fokus di pendataan. Untuk pengiriman bantuan mungkin besok (hari ini)," pungkasnya. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia