Rabu, 13 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Olahraga

Tim Cricket Putri Jombang Juara Dua Kejurnas Terbuka di Surabaya

10 Desember 2018, 15: 28: 47 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pertandingan cricket yang diikuti tim Kabupaten Jombang di Kejurnas Terbuka beberapa hari lalu

Pertandingan cricket yang diikuti tim Kabupaten Jombang di Kejurnas Terbuka beberapa hari lalu (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Tim cricket Kabupaten Jombang pulang dengan kepala tegak usai mengikuti kejuaraan terbuka tingkat nasional di Surabaya yang baru berakhir beberapa hari lalu. Juara kedua diraih tim putri setelah di babak final kalah melawan tim asal Surabaya.

Sedangkan dua tim putra gagal menciptakan All Jombang final, setelah dua tim yang bertanding di babak semifinal kalah melawan tim asal Surabaya dan Bali. Meski gagal meraih hasil lebih maksimal, namun satu tim putra berhasil meraih predikat best fielding atau pertahanan terbaik.

Ketua Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Jombang Khoirul Hasyim mengatakan, hasil yang didapat dari kejuaraan ini menurutnya tidak buruk. “Sudah masuk semifinal saja cukup membanggakan, jika dilihat usia PCI Jombang yang baru lahir tahun lalu. Juga diukur dari peralatan yang digunakan untuk latihan, tertinggal jauh dengan tim yang juara,” katanya.

Karena fasilitas yang minim itu, tim harus beradaptasi dulu dengan perlengkapan pertandingan. “Butuh pembiasaan dulu, dan itu cukup sulit dilakukan atlet. Sehingga masuk semi final ini menurut kami sudah sangat luar biasa,” lanjut Hasyim.

Ia mengatakan, pemain cricket Jombang selama ini hanya menggunakan alat pokok saja untuk latihan. Seperti bola dan pemukul, sedangkan untuk pelindung seperti pad atau pelindung kaki, helm untuk pelindung kepala, dan gloves atau pelindung tangan, bagi para atlet masih sangat asing.

“Jombang belum punya alat-alat pelindung, sedangkan di kejuaraan alat itu digunakan. Di latihan kaki gerak bebas, sedangkan di pertandingan nasional pemain pakai pelindung lengkap untuk menghindari cidera,” tambahnya. Hasyim menyebut hasil dari kejuraan ini akan dilaporkan pihaknya ke KONI Jombang.

Langkah ini dilakukan agar tim cricket mendapat perhatian yang lebih baik dari lembaga otoritas keolahragaan kabupaten tersebut. “Harapannya KONI bisa mendorong pemerintah daerah lebih peduli dengan olahraga ini. Sekelas Jombang dengan alat yang seadanya, meraih hasil ini sudah sangat bagus,” pungkasnya. (*)

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia