Minggu, 20 Jan 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Rencana Penutupan PG Djombang Baru Tunggu Kebijakan PTPN X

10 Desember 2018, 15: 01: 24 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Aksi demo sejumlah petani tebu yang menolak penutupan PG Djombang Baru

Aksi demo sejumlah petani tebu yang menolak penutupan PG Djombang Baru (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Kabar penutupan Pabrik Gula Djombang Baru yang terletak di Jl PB Sudirman, terus menggelinding. Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Republik Indonesia (APTR) PG Djombang Baru, Basyaruddin, tak ingin berspekulasi lebih jauh. Dia tetap menunggu kebijakan yang dilakukan PTPN X.

Basyaruddin menyampaikan, rencana penutupan PG Djombang Baru  ada sisi plus minus. Bagi petani tentu hal tersebut bakal sedikit merugikan karena bisa saja akan menambah biaya angkut bila hasil panen tebu dijual ke pabrik gula lain. Namun, bagi PTPN X, rencana penutupan  sudah dipertimbangkan dengan matang.

”Jika nanti ditutup kan tentu akan membuat para petani mengarahkan tebunya ke pabrik lain.Bisa jadi merasa akan dirugikan,’’ ujarnya. Informasi lain menyebut,  sejak beberapa tahun terakhir PG Djombang Baru  tidak memberikan laba setiap tahunnya. ”Kalau benar ditutup pada 2019, tentu buat direksi PTPN X akan menguntungkan, seperti nasib PG Tulangan dan PG Watu Tulis kan juga ditutup,’’ jelas dia.

Saat ini, lanjut lelaki yang juga Kades Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo  ini, dirinya belum mengetahui seperti apa kelanjutan rencana PTPN X. Dia mengaku lebih menunggu kebijakan yang dilakukan salah satu BUMN tersebut. ”Ya tergantung PTPN X sendiri, jika nanti ditutup ya kita bisa berbuat apa. Kalau tetap berlanjut ya tidak apa apa,’’ pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Humas PTPN X Chindhy Larashati menjelaskan, untuk rencana kerja PTPN X dengan PG Djombang Baru pada 2019 masih dilakukan pembahasan. Dia belum bisa menjelaskan lebih jauh ketika ditanya wartawan koran ini mengenai kebenaran informasi tersebut. ”Untuk rencana kerja perusahaan tahun 2019 masih dalam pembahasan,’’ jawabnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rencana PTPN X menutup PG Djombang Baru tahun depan membuat puluhan petani tebu resah, Jumat (7/12) kemarin. Mereka ramai-ramai menggelar aksi penolakan di halaman kantor PG Djombang Baru, Jl PB Sudirman.

Aksi dimulai sekitar pukul 08.00, sejumlah petani mendatangi kantor PG Djombang Baru. Mereka menuntut pemerintah membatalkan rencana penutupan PG Djombang Baru karena dinilai bakal merugikan banyak pihak. Termasuk ribuan petani mitra PG Djombang Baru yang sudah bertahun-tahun menyetorkan hasil tebang tebu mereka. ”Rencananya pemerintah melalui PTPNX akan menutup pabrik ini tahun depan,’’ ujar Mahmud Nafan perwakilan petani kemarin. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia