Senin, 25 Mar 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Salah Perencanaan, Proyek Gedung Laboratorium RSUD Ploso Molor

10 Desember 2018, 12: 26: 40 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Gedung CSSD RSUD Ploso yang masih dalam tahap pengerjaan

Gedung CSSD RSUD Ploso yang masih dalam tahap pengerjaan (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG - Selain pembangunan gedung lantai dua, tahun ini RSUD Ploso juga mendapat jatah anggaran pembangunan gedung laboratorium dan rehab medik senilai Rp 845 juta. Pelaksanaan di lapangan molor lantaran terkendala perencanaan.

“Ada perubahan denah, desain awal, antara ruang laboratorium dan rehab medik tidak dipisah. Ketika dirapatkan dengan user, minta ada perubahan denah,” beber Eko Purwanto, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) ditemui Jawa Pos Radar Jombang di lokasi (7/12) kemarin.

Karena ada perubahan pengerjaan yang cukup signifikan, otomatis berpegaruh pada pelaksanaan pekerjaan. “Semula pengerjaan terakhir 28 Nopember, karena ada penambahan pekerjaan maka dibuatkan addendum,” bebernya.

Selain addendum waktu juga penambahan anggaran. “Penambahan waktunya cukup lama, sebab perubahan pekerjaannya signifikan, sekitar 14  hari, jadi terakhir sekitar 12 Desember nanti,” imbuhnya.

Terkait dengan dokumen perencanaan awal yang disebutnya tidak sesuai dengan penerapan di lapangan, pihaknya tak mengetahui persis. “Itu perencanaan 2016, kebetulan waktu itu kita tidak ada anggaran untuk mengulangi perencanaan,” bebernya.

Disinggung laporan terakhir progress pekerjaan, masih mencapai sekitar 85 persen. “15 persen itu pengerjaan atapnya,” bebernya.

Itu pihaknya dibuat cukup pusing lantaran material atapnya belum juga siap dipasang. “Rencana hari ini (7/12) katanya dikirim, tapi sampai sekarang belum, dari pihak kontraktor terus nagih ke pabrikan, agar secepatnya dikirim,” imbuhnya.

Sebagai pelaksana Proyek CV Makmur madani, adapun pihak konsultan pengawas CV Patria Jaya. pantauan di lokasi, sejumlah pekerja terlihat mengebut sisa pengerjaan yang kurang. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia