Rabu, 12 Dec 2018
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPRD Jombang Desak Pemkab Evaluasi Proyek Molor

03 Desember 2018, 10: 40: 38 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ketua DPRD Joko Triono

Ketua DPRD Joko Triono (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Ketua DPRD Jombang, Joko Triono, turut menyesalkan banyaknya pekerjaan proyek dinas molor. Dirinya meminta pemkab melakukan evaluasi menyeluruh terkait permasalahan proyek molor.

“Kita di dewan tentu menyesalkan sekali, perencanaannya bagaimana, kok bisa banyak yang molor seperti itu. Anggaran sudah kita siapkan, dok APBD juga tidak pernah telat, harapannya pelaksaan pekerjaan proyek di lapangan bisa selesai tepat waktu,” bebernya kemarin.

Jika realisasi di lapangan seperti itu, maka tentu yang dirugikan masyarakat lantaran urung menikmati layanan publik yang diharapkan. “Pembangunan pasar, kantor kecamatan dan rumah produksi cor kuningan, berangkatnya semua usulan dari bawah, artinya dari masyarakat yang ingin ada peningkatan layanan,” bebernya.

Dirinya pun menyinggung proses lelang proyek yang disebutnya patut mendapat evaluasi serius. “Itu jangan-jangan dari proses lelangnya sudah telat, harusnya Maret, April sudah lelang tapi menunggu-nunggu terus, ke depan pemkab harus evaluasi terkait sistem tender di ULP (unit layanan pengadaan), jangan sampai lelangnya molor-molor sehingga imbasnya ke pelaksanaan,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya meminta kinerja pengawasan pemkab lebih dimaksimalkan. “Inspektorat, mohon maaf, kinerjanya harus lebih kenceng mengawal, karena isnpektur tidak hanya  melihat pertanggungjawaban administrasi tapi juga mengawal proses perencanaan,” singkatnya.

Kalau perlu Bupati dan Wakil Bupati memberikan kewenangan khusus kepada Inspektorat untuk melakukan pengawasan ketat pelaksanaan proyek. “Kemudian harus ada kewenangan khusus kepada Inspektur untuk menekan dinas yang terlambat mengajukan lelang, membuat mapping laporan dinas, tugasnya sudah dijalankan apa belum, jadi tugas Inspektorat memang lebih berat,” tegasnya. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia