Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pemkab Jombang Terima Jumlah Kumulatif Perankingan SKD CPNS

03 Desember 2018, 08: 47: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ribuan peserta tes CPNS formasi Pemkab Jombang saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Simpang Lima Gumul Kediri

Ribuan peserta tes CPNS formasi Pemkab Jombang saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Simpang Lima Gumul Kediri (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Pekan ini menjadi saat yang paling ditunggu para calon pegawai negeri sipil (CPNS) Jombang. Terutama yang sebelumnya ambil bagian dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dinyatakan tak lolos.

Sebab, mereka yang memiliki nilai tinggi berpeluang dipanggil untuk mengikuti tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) setelah dirangking. Pemkab Jombang telah menerima jumlah kumulatif CPNS yang memiliki catatan poin terbaik.

Muntholip, Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Jombang menerangkan, saat ini sudah menerima jumlah berapa peserta yang nanti mengikuti tes tahap berikutnya sebagai peserta SKB.

“Sekarang sudah selesai, kita sudah dapat jumlah kumulatifnya,” katanya. Dikatakan, dari semula 187 pelamar yang dinyatakan melampuai passing grade pada tahapan SKD. Setelah ada kebijakan sistem perangkingan itu maka jumlah peserta yang mengikuti tes tahap berikutnya bertambah.

“Sekarang jadi 860 orang, itu yang nanti ikut SKB,” sebut dia. Kendati begitu, pihaknya belum menerima secara lengkap data nama-nama peserta SKB tersebut. “Untuk by name dan sebagainya masih belum. Kita hanya terima jumlah saja,” sambung Muntholip.

Terkait pelaksanaan SKB, ia juga masih menunggu jadwal dari pemerintah pusat. “Sampai sekarang masih belum ada informasi, bukan berarti mundur ya. Memang kita mengikuti jadwal dari sana,” jelas mantan Kepala Dinas Pendidikan Jombang ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan formasi CPNS Kabupaten Jombang yang kosong dipastikan terisi setelah terbit regulasi baru Permen PAN-RB Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan atau Kebutuhan Formasi PNS dalam Seleksi CPNS Tahun 2018.

Pengisian formasi kosong tersebut menggunakan sistem ranking mengambil tiga peserta dengan poin terbaik untuk mengikuti tahap berikutnya SKB. Peminat CPNS di Kabupaten Jombang sangat tinggi. Terdapat total 7.829 pendaftar yang kemudian 3.638 dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi dan 4.191 peserta CPNS yang berhak mengikuti SKD.

Dari hasil SKD itu terdapat 187 orang yang melampaui passing grade. Namun jumlah tersebut mengerucut pada 84 posisi yang ditawarkan dari semua 428 posisi. Sehingga masih banyak 344 posisi yang terancam kosong. Formasi yang kosong itulah yang akan terisi dengan adanya kebijakan sistem ranking. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia