Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Tak Masuk di RAPBD Jatim, Nasib Air Terjun Tretes Belum Jelas

27 November 2018, 15: 05: 24 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Air terjun Tretes di Wonosalam

Air terjun Tretes di Wonosalam (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Rencana Pemkab Jombang membangun infrastruktur menuju wisata air terjun Tretes di Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, belum jelas kelanjutannya. Ini setelah, tidak masuknya infrastruktur air terjun Tretes di RAPBD 2019 Jawa Timur.

Kepala Bappeda Kabupaten Jombang Eksan Gunajati menjelaskan, usulan pembangunan wisata air terjun Tretes sudah diajukan ke Pemprov Jatim sejak awal 2018. Harapannya, bisa dibangun pada 2019 melalui APBD Jawa Timur.

”Harapan kita kan demikian. Nanti bisa kerjasama dengan TNI. Bahkan dulu usulan awal kita sudah didisposisi sama Pak Gubernur,” ujar dia ditemui kemarin.

Kala itu, usulan sudah disetujui sekitar Rp 12 miliar dan akan dimasukkan dalam RAPBD 2019. Namun, hingga kini tinggal beberapa hari RAPBD 2019 Pemprov Jatim di-dok belum ada kabar yang dia terima. ”Sampai sekarang saya pantau belum muncul. Ya belum masuk pada APBD 2019,” sambung dia.

Dia menegaskan, usulan pembangunan infrastruktur air terjun Tretes memang sudah masuk ke Pemprov Jatim. Hanya pada realisasi RAPBD 2019 dia belum menerima kabar lebih lanjut. ”Untuk sekarang saya belum bisa menjawab. Apakah pembangunan dimulai tahun depan atau tidak, karena melihat pola pemprov beberapa kegiatan justru dianggarkan dalam bentuk lain,” jelas dia.

Misalnya, sambung Eksan, seperti kegiatan pemeliharaan situs Damarwulan, di Sudimoro Kecamatan Megaluh. Dia menilai Pemprov Jatim memiliki pola kegiatan yang tidak semuanya dikabarkan ke pemkab. ”Artinya ini memang haknya mereka,’’ tandasnya.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan komunikasi dengan pemprov. Jika  usulan belum disetujui masuk RAPBD 2019, dia berharap dapat dimasukkan pada P-APBD 2019 nanti bersamaaan dengan kegiatan tentara manunggal membangun desa (TMMD). ”Kita tetap berupaya melakukan komunikasi,’’ papar dia.

Jika belum ada kejelasan mengenai pembangunan infrastruktur di air terjun Tretes Pengajaran, pemkab mengaku siap turun tangan dengan menganggarkan melalui APBD Jombang. ”Kalau nanti pemprov tidak bisa ya kita kerjakan sendiri. Cuma kita cicil bertahap,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia