Senin, 17 Jun 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Masuk R-APBD 2019, Kewenangan PJU Beralih ke Dishub Jombang

25 November 2018, 17: 40: 27 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perbaikan PJU di Jalan Raya Jombang-Babat

Perbaikan PJU di Jalan Raya Jombang-Babat (DOK/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG – Rencana peralihan kewenangan PJU (Penerangan Jalan Umum) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ke Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang berlanjut. Mulai tahun depan, seluruh hal terkait PJU beralih ke Dishub.

“Memang benar yang kaitannya dengan jalan kabupaten, khususnya memang itu,” kata Imam Sujianto, Kepla Dishub Jombang. Ia menjelaskan sebelumnya PJU memang selama ini menjadi kewenangan di Dinas PUPR.

Seiring berjalannya waktu, ada aturan baru tentang peralihan kewenangan ke dinas perhubungan. “Yang jelas semua urusan terkait dengan PJU dilimpahkan ke perhubungan. Mulai pembangunan atau secara keseluruhan pemeliharaan dan sebagainya,” imbuh dia.

Meski begitu, Imam belum begitu hafal terkait aturan main PJU tersebut. “Yang jelas secara aturan untuk PJU menjadi sarana pendukung jalan dan menjadi urusan dinas perhubungan,” bebernya.

Untuk 2019 misalnya, keperluan itu sudah masuk masuk di R-APBD 2019. “Sudah pasti dan sudah dialihkan tahun depan. Anggarannya juga sudah beralih ke perhubungan 2019,” tegas Imam.

Sebelumnya, ada aturan baru dari Kementerian Perhubungan yang menyebut penanganan PJU. “Adanya aturan dari Menhub itu untuk semua PJU yang selama ini kita tangani, mulai tahun depan akan diambil alih oleh Dishub,” jelas Sutrisno, Sekretaris Dinas PUPR Jombang.

Tidak hanya PJU di jalan kabupaten yang akan ditangani Dishub, PJU yang berada di jalan utama yang selama ini ditangani pemkab juga akan diserahkan ke Dishub. “Kemarin kita sudah rapat koordinasi dengan Dishub mengenai hal ini, dan mulai 2019 akan berjalan,” pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia