Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Tanggul Sungai Konto Kritis, Pemkab Jombang Tak Berkutik

21 November 2018, 18: 45: 20 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tanggul sungai Konto sebagian belum terpasang bronjong atau jaring kawat berisi batu

Tanggul sungai Konto sebagian belum terpasang bronjong atau jaring kawat berisi batu (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Pemkab Jombang tak bisa berbuat banyak dalam menangani tanggul Sungai Konto di Kecamatan Bandarkedungmulyo yang kritis. Karena kewenangan terkait tanggul tersebut ada di BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas. Langkah yang bisa ditempuh Pemkab hanya sebatas mengusulkan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Hari Oetomo melalui Kabid SDA Imam Bustomi mengungkapkan, penanganan memang sudah dilakukan BBWS Brantas yakni dengan pembuatan bronjong. Namun untuk sementara belum bisa dilakukan seluruhnya.

“Jadi sekarang sudah dibuatkan bronjong, informasi terakhir sudah selesai,” kata Bustomi kepada Jawa Pos Radar Jombang. Pihaknya menyebut, pemkab sudah mengusulkan perbaikan tanggul di tiga sungai mulai dari Sungai Konto, Ngotok Ringkanal, dan Sungai Marmoyo.

“Jadi butuh penanganan menyeluruh, baik tanggul maupun aktivitas lain yang di sana,” beber dia. Meski BBWS Brantas berjanji segera melakukan penanganan, menurut Bustomi sampai sekarang masih belum ada tindak lanjut. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia