alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Kasus Suap Aqua, Polres Jombang Bidik Oknum Perangkat

17 November 2018, 11: 34: 39 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi (M.NASIKHUDDIN/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Penyidikan kasus suap pendirian pabrik Aqua di Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno yang menyeret Kepala Desa Agus Hadi Cahyono masih terus menggelinding. Dalam waktu dekat polisi berencana gelar perkara hasil pengembangan penyidikan.

”Kita sudah kantongi salinan putusan terpidana AHC. Dalam waktu dekat, kita segera gelarkan lagi kasusnya ke tingkat penyidikan,” tegas Kasatreskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi (16/11) kemarin.

Ia menyebut, pihaknya sudah mengantongi sejumlah identitas oknum yang diduga kuat turut menikmati aliran dana suap. ”Sementara ada dua nama yang kita bidik, unsurnya dari perangkat desa,” imbuhnya. Dua nama ini lanjut Gatot, disebut menerima fee dari AHC.

”Jadi setelah fee diterima AHC, kemudian dibagi-bagikan ke perangkat lain,” imbuhnya. Tak hanya itu, penyidik juga sudah menyiapkan saksi-saksi terkait untuk mendalami kasus.

”Pihak-pihak yang dulu kita ambil keterangan, akan kita periksa kembali sebagai saksi,” bebernya. Disingggung terkait proses hukum oknum pemberi suap, dirinya menegaskan juga akan diproses. ”Bertahap nanti prosesnya,” singkat Gatot.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya menjatuhkan vonis 4 tahun penjara subsidair 4 bulan dan denda Rp 150 juta, terhadap Agus Hadi Cahyono, 49, Kades Grobogan, dalam perkara suap.

Vonis ini lebih tinggi dari tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU), yaitu hukuman penjara 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 50 juta subsidair 2 bulan kurungan.

Dalam persidangan, Agus Hadi Cahyono mengakui perbuatannya menerima uang sekitar Rp 449 juta dari perusahaan. Jatah yang ia terima sebesar Rp 174 juta, sedangkan sisanya disebut Agus dibagikan ke oknum perangkat lainnya. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP