Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Tanggul Sungai Konto di Bandar Kedungmulyo Semakin Tipis

16 November 2018, 10: 24: 16 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi tanggul sungai Konto yang kritis

Kondisi tanggul sungai Konto yang kritis (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kondisi tanggul Sungai Konto di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, semakin kritis. Seperti yang terlihat kemarin (15/11), di beberapa titik kondisi tanggul sudah tidak utuh.

Junaidi salah seorang warga menuturkan, kondisi tanggul di wilayah itu memang semakin memprihatinkan. “Yang dekat jembatan ini sudah longsor, sampai tidak kelihatan lagi jalannya,” kata dia.

Tanggul yang sebelumnya cukup lebar dan biasa dipakai akses masyarakat itu, kini hanya tinggal beberapa meter saja. Paling parah nampak di sisi jembatan. Longsoran baru usai hujan turun makin memperlihatkan tanggul itu nyaris hilang.

“Hanya tinggal beberapa jengkal saja dengan sungai,” imbuh dia. Ini yang membuat warga setempat yang melewati tanggul ini harus hati-hati. Utamanya mereka yang mempergunakan kendaraan roda dua. Jika tak bisa menjaga keseimbangan bisa-bisa tercebur ke sungai.

“Sampai sekarang masih dipakai jalan ke Desa Pucangsimo. Tapi ya harus pelan-pelan, soalnya tanggul sudah banyak yang longsor,” tutur dia.  Meski sudah ada penanganan dengan pemasangan bronjong, namun tidak menyeluruh.

“Yang diperbaiki baru di Desa Gondangmanis dekat jembatan, yang di sini (Bandar Kedungmulyo) masih belum ada,” sahut Surya warga lainnya sembari beranjak dari jembatan. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia