Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Jumlah Pemilih Pemilu 2019 di Jombang Melonjak, Tembus 1 Juta Lebih

13 November 2018, 08: 30: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

DITETAPKAN: KPU Jombang menetapkan DPT-HP 2 dengan Bawaslu dan partai politik kemarin.

DITETAPKAN: KPU Jombang menetapkan DPT-HP 2 dengan Bawaslu dan partai politik kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Setelah dilakukan proses pemuktakhiran data, jumlah daftar pemilih   tetap (DPT) Pemilu 2019 ditetapkan, yakni  sebanyak 1.001.581. Jumlah itu naik 11.552 dari DPT hasil perbaikan pertama yang ditetapkan KPU beberapa bulan lalu.

Ini diketahui usai KPU melakukan rapat pleno penetapan  yang diikuti PPK-PPS, Bawaslu dan pengurus parpol kemarin (12/11). Berdasarkan  hasil sinkronisasi data pemilih dari 21 kecamatan, diketahui jika pemilih perempuan mencapai 501.375 dan pemilih laki laki mencapai 500.206.

"Jadi memang terjadi peningkatan yang cukup banyak," ujar Burhan Abadi anggota KPU ditemui usai pleno. Jika dibandingkan dengan hasil perbaikan pertama, total kenaikan mencapai 11.552. Sedangkan jika dibandingkan dengan DPT Pilbup Jombang 2018 lalu mencapai 3.905 pemilih.

"Kenaikan itu bukan berdasarkan olah data saja. Melainkan kami lakukan dengan cara verifikasi faktual, sehingga kenaikan data tersebut benar-benar valid karena kita mendatangi warga masyarakat satu per satu," beber dia.

Disamping melakukan verifikasi faktual, KPU juga melakukan pencermatan dari empat sumber data yang dimiliki. Pertama hasil pencermatan yang dilakukan KPU dan Bawaslu RI tentang potensi data ganda.

Kedua KPU sudah menyediakan posko gerakan melindungi hak pilih (GMHP) sejak 1-28 Oktober, ketiga KPU menyediakan posko pelayanan dari aplikasi berbasis smartphone. "Dan keempat kita sudah menerima masukan dari  Kemendagri bahwa potensi pemilih dari DP4 yang belum masuk DPT-HP sebanyak 80 ribu sekian. Dan itu yang kita cermati," papar dia.

Tak berhenti di situ, dalam tahapan menyusun DPT hasil perbaikan kedua.  KPU juga menerima banyak rekomendasi agar data pemilih dalam Pemilu  17 April 2019 itu makin berkualitas. Salah satunya KPU melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil.

"Kami menerima masukan sebanyak 17 sampai 21 ribu pemilih, namun itu masih potensi. Kemudian kami lakukan verifikasi faktual," papar dia. Hadir dalam pleno tersebut, Asisten 1 Pemkab Jombang Purwanto dan beberapa stakeholder terkait.

Sementara itu, David Budianto anggota Bawaslu Jombang mengatakan, jika Bawaslu selama pemutakhiran data pemilih juga melakukan upaya tersendiri. ”Jadi kami juga membuka posko pengaduan bagi warga yang belum masuk DPT dan bisa melaporkan ke kami. Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi kepada KPU,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia