Jumat, 16 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Hukum & Kriminal
Gara-Gara Panas Angin

Tiga Hektare Lahan Tebu Habis Dilalap Si Jago Merah

Sabtu, 18 Aug 2018 17:10 | editor : Binti Rohmatin

achmad rw

Lahan tebu saat kebakaran (achmad rw)

JOMBANG – Kebakaran hebat menimpa lahan  tebu di Dusun Dayu, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kamis (16/8) kemarin. Sekitar tiga hektare tebu siap tebang ludes dilalap api.

“Awalnya itu sekitar pukul 20.00 warga baru mulai acara barikan. Nggak tahu, apa ada yang membakar atau memang terbakar sendiri, yang jelas dari timur,” ucap Farid, salah satu warga.

Angin yang kencang serta daun-daun tebu yang kering, membuat api sangat cepat membesar. Bahkan, kejadian ini  sempat membuat warga khawatir lantaran jarak api dan pemukiman warga sangat dekat.

Beberapa menit kemudian, dua mobil pemadam kebakaran mulai tiba di lokasi, namun pemadaman cukup sulit. Selain sumber air yang cukup terbatas, medan sawah dan kejadian di malam hari sempat menyulitkan petugas. Terlebih angin yang terus berhembus menyebabkan api sangat mudah meluas.  

Gunadi, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Jombang membenarkan kejadian kebakaran tersebut. “Jenis kebakaran lahan, dan berhasil ditangani teman-teman malam kemarin, faktornya belum bisa dipastikan namun kerugian diperkirakan lebih dari Rp 5 juta,” pungkasnya.

(jo/riz/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia