Kamis, 15 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Kota Santri

Mau Operasi Katarak? Pilih RSUD Jombang saja karena Menggunakan Fakoemulsifikasi (Laser)

Kamis, 10 Aug 2017 21:44 | editor : Binti Rohmatin

ilustrasi mata

ilustrasi mata (binti)

JOMBANG - Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram, bahkan sampai tidak bisa melihat.

Kondisi ini terjadi karena cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang lensa yang keruh. Dan bisa menyebabkan kebutaan apabila tidak ditanggulangi dengan serius.

Gejala umum yang dialami pada pasien katarak biasanya penglihatan buram atau berkabut. Peka atau sensitif terhadap sinar atau cahaya.

Sering ganti kacamata (karena ukuran mudah berubah) dan pada keadaan terang, mata terasa silau. Penglihatan di ruang gelap atau temaram pun lebih jelas daripada di ruang terang. Selain itu, terkadang penglihatan pada satu mata menjadi ganda (dua).

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan, saat ini telah berkembang teknologi modern untuk menyembuhkan katarak, dengan teknik bedah katarak modern yang sudah dilakukan di RSUD Jombang. Yaitu menggunakan mesin Fakoemulsifikasi (Laser). Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan mesin Fakoemulsifikasi ini.

“Diantaranya aman, akurasi yang tinggi, laser yang presisi dan lebar sayatan operasi 1,8 sampai 2,2 mm,” terangnya. Selain itu keuntungan lain yang terlihat pada luka sayatan terkadang tidak perlu dijahit. Menggunakan lensa buatan atau lensa tanam (lensa intra okular) untuk mengganti lensa yang rusak.

Menurutnya, langkah kerja mesin fakoemulsifikasi itu lensa katarak dihancurkan dengan menggunakan mesin fakoemulsifikasi. Mesin ini menggunakan tenaga ultrasonik dengan frekuensi tinggi. Lensa dihancurkan menggunakan jarum tip yang terhubung dengan mesin.

Selanjutnya, lensa yang sudah hancur dialiri air (irigasi) kemudian disedot (aspirasi). “Kemudian lensa diganti dengan lensa intra okular atau lensa tanam,” tegas pria yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Jombang ini.

(jo/bin/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia