Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Sempat Terhenti, Jembatan Karangwinongan Rampung Tahun Ini

25 November 2021, 18: 16: 19 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Sempat Terhenti, Jembatan Karangwinongan Rampung Tahun Ini

Share this      

JOMBANG – Pembangunan jembatan Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung yang roboh diterjang banjir 2017 lalu, akhirnya rampung tahun ini. Warga pun bisa memanfaatkan jembatan dengan aman.

”Untuk pembangunan jembatan Karangwinongan sudah dirampungkan tahun 2021 ini. Perbaikan sudah selesai sepenuhnya, bahkan selesai sebelum kontrak resmi berakhir,” terang Heru Widjajanto, Kepala Dinas perumahan dan permukiman (Perkim) Jombang melalui Syaiful Anwar, Kabid Pengembangan Kawasan Permukiman, kemarin.

Syaiful menerangkan, pembangunan Jembatan Karangwinongan sudah berjalan pada 2018 lalu. Dalam pelaksanaannya, pihak kontraktor tak mampu menuntaskan pembangunan. ”Akhirnya waktu itu diputus kontrak dalam kondisi setengah jadi,” terangnya.

Baca juga: Progres Capai 80 Persen, Playground Segera Hadir

Sempat Terhenti, Jembatan Karangwinongan Rampung Tahun Ini

Saat itu, kondisi jembatan baru terbangun bagian pondasi dan landasan utama jembatan saja. Sejumlah fasilitas jembatan lain, belum terbangun dengan sempurna. ”Tahun 2019 sempat jadi temuan BPK juga waktu itu, dan 2020 kita coba anggarkan perbaikannya, namun kembali gagal karena ada refocusing anggaran penanganan Covid-19,” tambahnya.

Upaya dinas terus berlanjut. Hingga 2021 ini, Dinas Perkim Jombang terus melakukan asesmen ke lokasi jembatan. Hasilnya, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 75 juta untuk melanjutkan dan merampungkan bangunan jembatan. ”Jadi melalui P-APBD tahun ini kita anggarkan senilai itu, dan langsung kita kerjakan proyek dengan skema penunjukan langsung,” tambahnya.

Dengan anggaran sebesar itu, Syaiful menyebut kontraktor diharuskan mengerjakan kekurangan pada jembatan, yakni pembuatan sayap jembatan, besi pinggiran jembatan, landasan pijak pada jembatan, pengurukan juga pengecatan. ”Proyek, dikerjakan sejak 4 November 2021 lalu dengan kontrak kerja selama 30 hari,” imbuhnya.

Proses pengerjaan berlangsung cepat. Bahkan pengerjaan sudah tuntas dikerjakan sebelum batas akhir kontrak kerja. Pantauan Jawa Pos Radar Jombang Rabu (24/11) kemarin, perbaikan jembatan ini sudah rampung. Terlihat bagian sayap dan pembatas jembatan jembatan sudah selesai dibangun. Termasuk oprit dan kegiatan pengurukan sudah selesai. ”Pengerjaan sudah rampung seratus persen. Namun untuk serah terima belum, karena masih menunggu umur beton. Kendati jembatan sudah bisa difungsikan kembali,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia