Sabtu, 04 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan
Disnaker Jombang Fasilitasi Aspirasi Buruh

Segera Koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan

25 November 2021, 18: 18: 18 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Segera Koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan

Share this      

JOMBANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jombang terus mengupayakan tuntutan para buruh yang meminta kenaikan UMK (Upah Minimum Kabupaten). Sebagai langkah, dinas segera berkoordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan terkait aspirasi buruh.

Kepala Disnaker Jombang Priadi mengatakan, pada tahun ini UMK di Kabupaten Jombang tidak ada kenaikan UMK. Sehingga, ada aksi yang dilakukan pekerja atau buruh untuk kenaikan UMK. ”Kami memahami keluhan dan dinamika teman-teman pekerja buruh,” ujarnya usai mediasi bersama serikat buruh di Kantor DPRD Jombang, Rabu kemarin (24/11).

Dijelaskan Priadi, tidak ada kenaikan ini dikarenakan UMK Kabupaten Jombang sudah berada di atas batas, maka UMK sama dengan tahun berjalan. ”Itu sudah diatur Peraturan Pemerintah (PP) 36/2021 tentang pengupahan. Pada pasal 24 ayat 6 jika UMK sudah berada di atas batas maka bupati merekomendasikan ke gubernur sama dengan tahun berjalan,” jelasnya.

Baca juga: Jalur Provinsi Kembali Dibuka

Segera Koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan

Akan tetapi lanjut Priadi, apabila pekerja maupun buruh tetap mengajukan UMK ada kenaikan 10 persen, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan. ”Ini kami sudah melakukan koordinasi melalui telepon. Apabila besok (hari ini, Red) sudah bisa difasilitasi kami akan ke Jakarta langsung,” tegasnya.

Dari hasil koordinasi itu nantinya, pihaknya akan menyampaikan ke Dewan Pengupahan Kabupaten Jombang. ”Nanti hasilnya langsung kami sampaikan ke Dewan Pengupah,” pungkas Priadi.

(jo/yan/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia