Sabtu, 04 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Efektif Turunkan Persentase Peredaran Rokok Ilegal di Jombang

25 November 2021, 18: 26: 43 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Efektif Turunkan Persentase Peredaran Rokok Ilegal di Jombang

Share this      

SEMENTARA itu, Sunaryo Kepala KPP Bea dan Cukai Kediri juga menyampaikan pentingnya sosialisasi terkait aturan cukai terus digelar di seluruh wilayah di Indonesia. Menurutnya, dengan terus digalakkannya sosialisasi semacam ini, terbukti menurunkan peredaran rokok ilegal di Indonesia.

”Data yang didapat dari Oxford Economic, di sana ada perbandingan peredaran rokok ilegal di dunia. Dan Indonesia, terbukti salah satu yang sangat rendah,” ucap Sunaryo.

Negara Indonesia, disebutnya pernah mencacatkan peredaran rokok ilegal hingga 12 persen. Namun dengan gencarnya sosialisasi di daerah-daerah, angka itu disebutnya terus mengalami penurunan. ”Mulai ke angka 8 persen, 6 persen bahkan yang terakhir sudah mencapai angka 3 persen. Bandingkan dengan Malaysia yang angka peredaran rokok ilegalnya masih 54 persen, kita jauh di atas mereka,” lontarnya.

Baca juga: Sempat Terhenti, Jembatan Karangwinongan Rampung Tahun Ini

Efektif Turunkan Persentase Peredaran Rokok Ilegal di Jombang

Hal itu, disebut Sunaryo bisa terjadi karena gencarnya kegiatan sosialisasi sehingga banyak orang mengerti tentang aturan dalam cukai, khususnya tembakau.

Dengan makin banyak orang yang mengerti aturan, maka kesadaran juga akan muncul. ”Dan Indonesia sudah membuktikan ini, bahkan WHO saja, sempat minta resep ke Indonesia untuk cara penanggulangan peredaran rokok ilegal ini,” tambahnya.

Sunaryo menyebut, penerimaan cukai tembakau di Indonesia mencapai13 persen dari penerimaan dalam APBN. Penerimaan sebesar itu, disebutnya juga hanya ada di Indonesia saja. ”Angka itu terbesar di ASEAN bahkan dunia. Karenanya kegiatan seperti ini perlu terus digalakkan untuk menekan peredaran rokok ilegal,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia