Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Tunggu Pemeriksaan Black Box

19 November 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Tunggu Pemeriksaan Black Box

Share this      

JOMBANG – Polisi masih menunggu hasil dari pemeriksaan black box mobil yang ditumpangi Vanessa dan keluarganya. Tiga keterangan ahli untuk merampungkan berkas pemeriksaan kecelakaan maut itu sudah lengkap.  

“Terkait perkembangan penyidikan dari Polda Jatim sudah selesai, dari korlantas juga sudah selesai, tinggal yang dari ATPM,” terang AKBP M Nurhidayat Kapolres Jombang kepada sejumlah wartawan, Kamis pagi (18/11).

Hingga kemarin, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan blackbox mobil yang sudah diambil tim ATPM Mitsubishi tersebut. Proses pengambilan itu dilakukan saat tim ATPM memeriksa bangkai mobil Vanessa pekan lalu. Dari blackbox itu bisa diketahui rekaman data kejadian secara digital, dan apa yang terjadi saat kecelakaan.

Baca juga: Serangan Jantung, Kepala MTsN 17 Tewas di Mobil

“Kita ingin tahu kejadian pengereman, peristiwa berfungsinya onderdil, dan pencatatan kecepatan informasi,” tambahnya. Dari pembicaraan terakhir, proses pengecekan disebut tim ATPM membutuhkan waktu paling lambat seminggu. Hal itu lantaran pemeriksaan data akan dilakukan di Jepang, tempat mobil diproduksi.

“Namun kemarin kita sudah minta dipercepat, karena harus disesuaikan dengan masa penahanan tersangka,” tambahnya lagi. Sambil menunggu proses itu, penyidik disebut Nurhidayat juga melakukan langkah koordinasi dengan jaksa yang ditunjuk, baik secara formil maupun materiil.

Disinggung soal rencana melakukan tahap satu atau pengiriman berkas, Kapolres menyebut hanya tinggal menunggu waktu. “Intinya kita menunggu hasil ATPM, namun kalau terlalu lama, akan kita dulukan penyerahan berkas, karena ini soal masa tahanan tersangka,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan melibatkan keluarga artis ibukota Vanessa Angel dan keluarganya terjadi di Kilometer 672.400 A, Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Kamis siang (4/11). Akibat kecelakan ini mobil Mitsubishi Pajero berwarna putih nopol B 1264 BJU itu rusak parah, khususnya pada bagian kiri.

Selain itu, Vanessa dan suaminya Febri tewas di lokasi kejadian. Vanessa tewas setelah terlempar keluar mobil, sementara suaminya tewas terjepit pintu depan kendaraan. Dari hasil olah kejadian sementara, diduga kecelakaan itu disebabkan kendaraan yang ditumpangi melaju dengan kecepatan melebihi batas (overspeed), diduga pula pengemudi berkendara dalam keadaan lelah atau mengantuk. Sejumlah penumpang di dalam mobil juga tidak mengenakan seat belt atau sabuk pengaman, termasuk Vanessa sendiri.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia