Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Olahraga
icon featured
Olahraga

Spirit Karate 39: Karateka Selalu Dapat Dipercaya

20 November 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Spirit Karate 39: Karateka Selalu Dapat Dipercaya

TELADAN: Ketua Harian Forki Jombang, Kwat Prayitno (kanan), bersama Ketua Harian PB Inkanas, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Condro Kirono.

Share this      

Karateka pantang mencederai amanah. Ini karena para karateka selalu dapat dipercaya. ’’Xin atau dapat dipercaya adalah kunci sukses dalam semua bidang, terlebih dalam bisnis,’’ kata Ketua Harian Forki Jombang, Kwat Prayitno, 61, kemarin.

Ini sesuai sumpah karate yang pertama yakni sanggup memelihara kepribadian. Diantara kepribadian karateka yakni dapat dipercaya. ’’Dapat dipercaya bisa diartikan kepercayaan,’’ ujar anggota dewan guru PB Inkanas ini. Seseorang yang memiliki sikap jujur, amanah, mampu memegang janji dalam kata-kata atau karakter orang lain sehingga seseorang itu dapat dipercaya atau dapat menepati janji.

Keberhasilan atau kegagalan bisnis dan karir juga didasarkan pada kepercayaan. ’’Ada pepatah yang mengatakan; Sebuah kata setelah diucapkan tidak dapat ditarik kembali.  Ini berarti, apa yang telah dikatakan tidak bisa terkatakan lagi,’’ urai pemegang sabuk hitam karate Dan VII ini.

Baca juga: 9 Pegulat Raih 4 Medali

Jika kita ingin mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat, maka kita harus memenuhi janji kita kepada orang lain. Serta sungguh-sungguh dalam kinerja tugas kita. ’’Juga harus ada kesatuan antara kata dan tindakan,’’ ucap alumnus S2 Universitas Brawijaya Malang yang kini dosen STKIP PGRI Jombang. 

Umumnya, orang yang dapat dipercaya akan mendapat banyak teman, relasi, bahkan pesaing yang menghormatinya. ’’Ayam selalu berkokok saat fajar dan angsa liar terbang ke utara setiap musim semi dan ke selatan setiap musim gugur. Ini disebut dengan menepati janji,’’ jelas pria kelahiran 28 Agustus 1960 ini.

Untuk menanamkan agar seseorang dapat dipercaya, tak bisa instan. Namun harus melalui proses. ’’Secara bertahap diberi amanah dan tanggung jawab,’’ ungkapnya.

Mulai dari sabuk putih sampai sabuk hitam, ada amanah yang diberikan secara  bertahap. Mulai pengurus ranting hingga PB, ada tanggung jawab yang dibebankan. Jika sukses dalam satu tahapan, maka peluangnya untuk sukses pada tahap berikutnya akan semakin tinggi. Makin keatas, kepercayaan yang diberikan semakin besar.

’’Kepercayaan ini sangat penting, terutama dalam hal bisnis,’’ terang pria yang telah 40 tahun menggeluti bisnis ini. Klien dan mitra bisnis hanya akan mendekat jika kita bisa dipercaya.

’’Semakin maju dan besar, kita akan semakin memahami pentingnya bisa dipercaya,’’ urai pengurus PMI Jombang yang telah donor darah 125 kali ini. Kwat cerita pernah dua kali tasnya ketinggalan di dalam kereta saat di Jepang. Namun tas beserta isinya kembali dengan utuh. ’’Dengan menanamkan mental dapat dipercaya sejak dini, bangsa kita akan semakin besar dan maju,’’ tegasnya.

(jo/jif/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia