Karakter Tercermin Saat Makan

9

JOMBANG – Banyak hal yang bisa mencerminkan karakter seseorang. Salah satunya perilaku seseorang kala makan. ’’Jangan menilai seseorang sebelum lihat cara makannya,’’ kata  HM Zainul Ibad, saat menyampaikan kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Quran (PSQ) di Islamic Center Unipdu, Selasa (26/4).

 

Yang dilihat pertama kali dari makanan yakni halal haramnya. ’’Karena orang yang makan haram, ibadahnya tidak akan diterima,’’ terangnya. Makanya ketika milih calon pasangan atau mantu, harus dilihat makanannya halal atau haram.

 

Kemudian caranya mengawali makan. Yakni harus dengan membaca basmalah. Orang yang ketika mau makan membaca basmalah, itu berarti dia gampang ingat Allah SWT.

 

Baca Juga :  Student Journalism: Amal Saleh

Makannya sambil duduk dan dengan tanan kanan.  Ini berarti mengikuti sunah Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam sehingga dia pasti dicintai nabi.

 

’’Makannya dimulai dari pinggir baru ke tengah. Tidak langsung ke tengah. Orang yang makannya langsung mengambil tengah, berarti mau enaknya saja,’’ tegasnya. Mengambil makanan yang ada di depannya. Tidak mengambil makanan yang ada di depan orang lain. Ini menandakan sifat menerima.

 

Orang yang berpuasa, pasti mudah melaksanakan etika makan. ’’Puasa itu melatih kita menahan diri dari yang boleh,’’ terangnya. Sehingga saat buka maupun sahur, mestinya lebih terkontrol.

 

’’Jangan sampai bukanya berlebihan,’’ sarannya. HM Zainul Ibad lalu mengutip QS Al A’raf 31. Disitu Allah SWT memerintahkan kita memakai pakaian terbaik kala masuk masjid. Allah subhanahu wa ta’ala juga melarang kita berlebihan makan minum.

Baca Juga :  Derajat Takwa