Binrohtal 1.422, Indahnya Bersedekah

2

SAAT ngaji usai salat Duhur di Masjid Agung Junnatul Fuadah, Polres Jombang, Selasa (26/4), Pengasuh PP Hidayatul Quran, Sentul, Tembelang, Ustad Yusuf Hidayat Alhafid, menjelaskan keutamaan sedekah.  ’’Sedekah kepada siapapun asalkan ikhlas karena Allah, pasti diterima dan dibalas lebih banyak oleh Allah subhanahu wa ta’ala,’’ tuturnya.

 

Sebagaimana ditegaskan dalam QS Albaqarah 245. Siapakah yang mau sedekah di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakan balasan kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

 

Ustad Yusuf lalu cerita. Suatu ketika, Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabat. Ada seseorang berkata; Sungguh aku akan bersedekah.

Lalu ia pergi membawa sedekahnya pada malam hari dan meletakkannya di tangan seorang. Pagi harinya, orang-orang ramai membicarakan. ’’Ada pencuri yang mendapat sedekah.’’ Orang itu pun berkata; Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sungguh aku akan menunaikan sedekah lagi.

Baca Juga :  Binrohtal 1.776: Sebulan Sedekah Rp 7 Juta

 

Pada malam kedua, ia pergi membawa sedekah dan meletakkannya di tangan seorang perempuan. Pagi harinya masyarakat membicarakan: Malam ini ada seorang pelacur mendapat sedekah. Orang itu pun berkata; Ya Allah, bagi-Mu segala puji, sungguh aku akan bersedekah lagi.

 

Pada malam ketiga, dia pergi membawa sedekah dan meletakkannya di tangan seorang laki-laki. Pagi harinya orang-orang membicarakan; Ada orang kaya mendapat sedekah. Orang itu pun berkata; Ya Allah, bagi-Mu segala puji atas si pencuri, pezina dan si orang kaya.

 

Kemudian ia bermimpi ada yang berkata kepadanya. Ada pun sedekahmu kepada pencuri itu akan membuatnya berhenti mencuri. Sedekahmu kepada pezina, barangkali membuatnya berhenti dari zina. Dan sedekahmu kepada orang kaya maka barangkali ia akan sadar dan mau menginfakkan apa yang diberikan Allah kepadanya.

Baca Juga :  Binrohtal 1.490, Hidayah untuk Bertobat

 

’’Dari cerita ini kita bisa mengambil tiga pelajaran,’’ ucapnya.

Pertama, bersedekah kepada siapapun adalah baik selama disertai niat yang benar dan tidak dipastikan sedekah digunakan untuk kemaksiatan.

 

Kedua, sebaiknya, sedekah diberikan kepada orang yang baik. Karena kemungkinan besar digunakan pada hal-hal yang baik. Dalam QS Almaidah 2 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman; Tolong menolonglah dalam takwa dan kebaikan, bukan dalam dosa dan permusuhan.

 

Ketiga, kepastian adanya pahala dalam sedekah meski yang menerima adalah orang fasik dan orang kaya. Khusus zakat, tidak sah diberikan kepada orang kaya.