Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Kota Santri
icon featured
Kota Santri
Lulusan Harus Bisa Ngaji

MAN 6 Jombang Konsisten Lahirkan Generasi Siswa Berprestasi

Jadi Generasi Pelopor

14 Januari 2022, 09: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MAN 6 Jombang Konsisten Lahirkan Generasi Siswa Berprestasi

Share this      

JOMBANG – MAN 6 Jombang di Desa Murukan, Kecamatan Mojoagung terus melahirkan generasi siswa berprestasi. Dalam setahun, sedikitnya 12 prestasi berhasil diraih. Mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Fahmie Amrullah Kepala MAN 6 Jombang menuturkan, prestasi yang dihasilkan siswa begitu banyak. Hingga membuat madrasah berkibar. ”Alhamdulillah prestasi bidang olahraga, pramuka dan akademik sudah mulai ada kenaikan,” kata Fahmie kepada Jawa Pos Radar Jombang, Kamis (13/1) kemarin.

Disebutkan, sedikitnya ada 22 prestasi berhasil direngkuh. Sebanyak 10 di antaranya prestasi di bidang akademik. Rinciannya tiga tingkat nasional, enam tingkat provinsi, sisanya tingkat kabupaten. ”Untuk tingkat nasional ini juara 2 Liga Olimpiade Pelajar ke-32 se Indonesia mata pelajaran sosiologi. Serta medali perak dan perunggu dalam Olimpiade Sains Pelajar Nasional tingkat SMA/MA juga dari sosilogi,” imbuh dia.

Baca juga: Student Journalism: Santri Ikhlas

MAN 6 Jombang Konsisten Lahirkan Generasi Siswa Berprestasi

Untuk tingkat provinsi lanjut Fahmie, merupakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) mata pelajaran ekonomi. Sisanya, prestasi di ajang tingkat kabupaten. Rinciannya, mata pelajaran matematika, fisika, biologi, geografi, ekonomi dan sosilogi. ”Sementara untuk pramuka, Alhamdulillah anak-anak dapat juara 1 dan harapan 1 dalam Lomba Gebyar Wirakarya tingkat kabupaten,” sambung Fahmie.

Di bidang olahraga siswa-siswi MAN 6 Jombang juga berhasil mengukir prestasi. Di antaranya dalam Porseni (Pekan olahraga dan seni) Jombang. Lima di antaranya berasal dari cabor atletik, voli putri, tenis meja dan cipta baca puisi. ”Untuk olahraga kita ke depan fokus ke voli, atletik dan pencak silat. Karena sangat berprestasi di lingkungan sini,” ujar dia.

Berikut untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, menurut Fahmie juga bakal semakin ditingkatkan. Lantaran sebelumnya sudah ada siswa meraih prestasi hingga kancah internasional. ”Alhamdulillah untuk bahasa dulu pernah ada sampai internasional. Walaupun saat itu belum sampai juara, tapi sudah bisa masuk 15 besar,” lanjut Fahmie.

Tahun ini madrasah tetap berkomitmen bisa melahirkan siswa-siswa berprestasi. ”Jadi ke depan yang kita utamakan tetap ada empat itu. Pramuka, olahraga, bahasa dan vokasi. Karena tahun lalu (prestasi, Red) ada kurva kenaikan, maka ke depan akan tetap fokus ke sana,” terang Fahmie.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tak melupakan terkait bidang keagamaan. Menurutnya, untuk bidang keagamaan tetap dikedepankan. ”Keagamaan ini sudah rutin kita laksanakan, karena madrasah agama. Intinya anak-anak lulusan MAN 6 jangan sampai ada yang tidak bisa ngaji. Maksudnya, mereka bisa menjadi lulusan yang benar dan bisa menjadi seorang pionir, pelopor di lingkungan sekitar,” tandas Fahmie.

(jo/fid/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia