Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Kota Santri
icon featured
Kota Santri
MAN 6 Jombang di Desa Murukan, Mojoagung

Madrasah Vokasi, Rencana Tambah Program Keterampilan Rias

14 Januari 2022, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Madrasah Vokasi, Rencana Tambah Program Keterampilan Rias

Share this      

SELAIN melahirkan generasi siswa berprestasi, MAN 6 Jombang di Desa Murukan, Kecamatan Mojoagung juga menjadi madrasah program vokasi. Ada empat bidang keterampilan yang dikembangkan. Masing-masing tata boga, tata busana, teknik komputer jaringan dan multimedia.

Fagmie Amrullah Kepala MAN 6 Jombang menuturkan, dipilihnya empat bidang itu menyesuikan kondisi sekitar madrasah. ”Karena kita lihat lingkungan sini yang paling gampang dicapai anak-anak untuk berwirausaha itu (tata boga, tata busana, teknik komputer jaringan dan multimedia, Red). Juga karena sifatnya ringan,” kata Fahmie kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Dari empat keterampilan itu, lanjut Fahmie, paling banyak diminati, yakni tata boga dan multimedia. ”Paling menonjol memang multimedia dan tata boga. Untuk multimedia, anak-anak sudah banyak yang bisa membuat undangan lalu ikut foto dan sebagainya,” imbuh dia.

Baca juga: Binrohtal 1.336: Kiat Lunas Hutang

Madrasah Vokasi, Rencana Tambah Program Keterampilan Rias

Diharapkan adanya program itu, lulusan yang tak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi memiliki bekal untuk berwirausaha. ”Secara resmi, kalau bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Tapi, melalui vokasi ini, anak-anak diharapkan harus bisa mandiri,” sambung Fahmie.

Sehingga ketika mereka sudah lulus, sudah mempuyai bekal untuk berwirausaha. ”Sudah ada bekal dari madrasah untuk anak-anak. Alhamdulillah, pantauan kita, beberapa sudah ada yang berwirausaha,” tutur dia.

Untuk pengembangan program vokasi, pihaknya sudah punya ancang-ncang menambah program keterampilan. ”Rencananya ke depan akan kita kembangkan lagi, yakni rias,” kata Fahmie.

MAN 6 Jombang memiliki visi islami, berprestasi, dan berbudaya lingkungan. Itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Kemenag Jombang, tanggap dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Karena sebagai madrasah vokasi, ke depan bisa membekali lulusan dengan keterampilan siap terjun di dunia usaha dan industri. ”Didukung pengajar lulusan S1 dan S2, siap berkompetisi dengan madrasah lainnya,” tandasnya.

Teknologi Informasi juga terkoordinasikan melalui sistem informasi madrasah (SISMA)yangterkoneksi dengan laman web madrasah. Ini  merupakan komitmen  bagi madrasah memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntabel. ”Melalui layanan ini, madrasah siap menerima saran dari semua pihak yang dapat memajukan dan dapat menjawab berbagai kebutuhan masyarakat,” tegas Fahmie.

(jo/fid/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia