Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Kota Santri
icon featured
Kota Santri
Masjid Baitul Mu’min Mangirejo Wonosalam

Berdampingan dengan Rumah Nonmuslim

14 Januari 2022, 08: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Berdampingan dengan Rumah Nonmuslim

Share this      

MASJID Baitul Mu’min Dusun Mangirejo, Desa/Kecamatan Wonosalam merupakan saksi bisu kerukunan umat beragama di kampung tersebut. Tepat di sebelah masjid adalah rumah warga nonmuslim. ’’Saat saya kecil dulu, sering acaranya bersamaan,’’ kata Muhammad Yazid, 29, sekretaris takmir.

Dia dan teman-temannya di masjid belajar ngaji Alquran. Di rumah samping masjid, anak-anak belajar nyanyi lagu gereja. ’’Dari dulu tidak pernah ada masalah. Kerukunan warga di sini sangat bagus,’’ ucap alumnus UIN Malang ini.

Masjid rutin dipakai salat jamaah lima waktu dan salat Jumat.

Baca juga: MAN 6 Jombang Konsisten Lahirkan Generasi Siswa Berprestasi

Berdampingan dengan Rumah Nonmuslim

Setiap Kamis malam Jumat ada tahlilan. Tiap Selasa malam juga ada kajian kitab kuning. ’’Saya sendiri yang mengasuh kajiannya,’’ ujar Yazid yang alumnus PP Al Muhajirin 3 Bahrul Ulum Tambakberas. Sehari-hari, dia mengajar di SMA A Wahid Hasyim Tebuireng.

Yazid menceritakan, di masjid itu dulu sering ada ustaz dari luar yang tinggal di situ untuk mengajar ngaji. ’’Saya kecilnya ngaji di masjid diajari Pak Yatno atau Gus Gendeng dari Kediri,’’ terangnya. Setelah Gus Gendeng pergi, digantikan Ustaz Maksum dari Jogoroto.

Yazid mengenang, dia dan kawan-kawannya biasanya ngaji Senin sampai Sabtu. Khusus hari Minggu tidak ngaji.  ’’Khusus hari Minggu oleh ustaznya diajak tadabur alam menyusuri kebun dan sungai. Jadi senang sekali,’’ bebernya.

(jo/jif/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia