Ajari Anak Tanggung Jawab

13

WAKIL Ketua Komisi D DPRD Jombang, HM Syarif Hidayatullah ST MMT (Gus Sentot), bisa menjadi teladan dalam melatih anak bertanggung jawab. Pengasuh Asrama Sulaiman Bilqis PP Darul Ulum Rejoso ini tidak membiarkan anak bebas bermain selama libur sekolah. ’’Mereka kita beri keleluasaan bermain, tapi harus tetap menjalankan tanggung jawabnya,’’ tutur bendahara Ikatan Sarjana NU (ISNU) Jombang ini, kemarin.

Anaknya mondok di pesantren tahfidul Quran. Sehingga selama liburan di rumah, punya tanggung jawab untuk nderes hafalan Alquran. ’’Kita ajak anak membuat kesepakatan,’’ ujar alumnus S2 Teknik Industri ITS Surabaya yang kini dosen di IAIT Kediri.

Mereka baru boleh bermain HP selama satu jam, setelah nderes hafalan satu lembar. ’’Kalau ingin bermain HP empat jam, ya harus nderes hafalan Alquran empat lembar,’’ ungkap ketua DPC Demokrat Jombang ini.

Baca Juga :  Saatnya Jemput Pahala

Tokoh kelahiran 23 Maret 1975 ini menjelaskan, anak usia SMP dan SMA sebaiknya kita perlakukan seperti mitra. Mereka bisa diajak bicara dan membuat kesepakatan-kesepakatan. Keinginan anak dan orang tua bisa dikompromikan.

’’Ini sekaligus melatih anak untuk mandiri dan menjalankan komitmen,’’ ucap ketua MPC Pemuda Pancasila dan ketua induk cabang olahraga kempo (Perkemi) Jombang ini.