Rabu, 19 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Melihat Pembuatan Kostum Cosplay Berbahan Eva Foam

Seminggu Selesai, Dikirim Hingga Mancanegara

30 November 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Melihat Pembuatan Kostum Cosplay Berbahan Eva Foam

KREATIF: Reza Andi Faisal, 28 mengerjakan cosplay sampai selesai di rumahnya.

Share this      

Berawal dari hobi, Reza Andi Faisal, 28 warga Desa Sambongdukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang, kini bisa menghasilkan jutaan rupiah dari hasil pembuatan kostum cosplay. Bahkan, hasil kreasinya tembus mancanegara. Seperti apa?

ANGGI FRIDIANTO, Jombang

JEMARI Reza begitu lihai memotong pola yang digambar dalam sebuah eva foam alias busa hati, di rumahnya siang kemarin. Sesekali, dia menyeruput kopi hitam untuk mengusir ngantuk yang melanda. Begitu cepat, jemarinya menyelesaikan satu persatu pola yang akan dijadikan bahan merangkai kostum cosplay.

Baca juga: Perajin di Jombang Sulap Ban Bekas Jadi Pot Bunga

Melihat Pembuatan Kostum Cosplay Berbahan Eva Foam

Ya, dia sudah menggeluti profesi sebagai cosplay maker sejak 2014 silam. Tujuh tahun bukan waktu yang singkat untuk mengasah kemampuan membuat cosplay ini. Awalnya, Reza hanya membuat karena hobi dengan bahan seadanya. Kini, hasilnya sudah menjadi andalan untuk bertahan hidup.

”Awalnya belajar membuat cosplay karena memang suka kostum superhero dan tokoh karakter anime. Namun setelah pasar banyak minat, akhirnya kini jadi profesi,’’ ujarnya mengawali perbincangannya dengan Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Hingga enam tahun berjalan, suka duka membuat kostum cosplay dilalui. Dari satu pekerja yang membantunya membuat kostum cosplay, hingga sekarang ada delapan orang yang membantu. Mulai dari tenaga harian hingga penjahit. Salah satu keunikan kostum buatannya adalah hasilnya yang dianggap lebih detail.

Ia mengaku, cosplay buatannya bertahan dan disukai banyak pelanggan karena mengedepankan kualitas. ”Semua hari detail dan harus simetris setiap sisi,’’ terangnya. Untuk satu kostum cosplay, ia baru bisa menyelesaikan paling cepat dalam waktu tiga hari, satu minggu hingga satu bulan. Bahkan, ada yang membutuhkan waktu lama hingga satu tahun hanya untuk satu set full kostum cosplay.

Semua tergantung dari ukuran dan tingkat kerumitan. Misalnya kostum transformer maupun salah satu karakter di film Kamen Rider. ”Ya memang tergantung tingkat kerumitan. Kalau paling sederhana topeng Kapten America bisa selesai dalam satu hari,’’ jelasnya.

Sementara untuk menjual hasil kreasinya, dia hanya mengandalkan online. Baik melalui media sosial maupun marketplace. Meski begitu, kreasi cosplay Reza bisa tembus mancanegara. Beberapa karakter yang sedang banyak diminati di negara asal. ”Kalau di Indonesia untuk Kamen Rider saya jual Rp 2,2 juta, tapi kalau di luar negeri bisa Rp 2,7 juta,’’ jelasnya lagi.

Tak hanya kawasan Asia, beberapa kostum cosplay buatan Reza juga berhasil dijual hingga USA, Malaysia, Hongkong dan Singapura. ”Mereka rata-rata untuk hobi. Misalnya konten Youtube, pertunjukan hinga keperluan model,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia