Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget
Kerajinan Wadah Rokok dari Limbah Kayu Palet

Kembangkan Beragam Model, Pemasaran Tembus Luar Pulau

08 Januari 2022, 16: 52: 03 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kembangkan Beragam Model, Pemasaran Tembus Luar Pulau

Share this      

JOMBANG – Berawal dari membantu teman membuat wadah rokok, Sakur, 50, sukses merintis usaha. Dia berhasil menyulap limbah kayu palet menjadi kerajinan bernilai jual tinggi. Mulai dari wadah rokok, alat linting hingga wadah tembakau.

Kepada jawa pos radar jombang, sakur menceritakan pengalamannya merintis usaha. Sebelumnya ia pernah memiliki usaha mebel. ”Dulu sekitar tahun 2000-an pernah nekuni mebel, tapi tidak paham pasarnya, jadi tidak bisa diteruskan” jelas Sakur.

Hingga saat awal pandemi, salah sorang kenalannya memintanya membuatkan wadah rokok. Dia pun menyanggupinya, ternyata itu menjadi jalannya sukses merintis dunia usaha. ”Anak saya bilang, buat aja pak, nanti coba diposting ke sosial media,” ucap Sakur.

Baca juga: Di-stek Puluhan Jenis, Dikirim Hingga Luar Jawa

Kembangkan Beragam Model, Pemasaran Tembus Luar Pulau

Di luar dugaan, respon pasar sangat bagus. Dia pun kian serius mengembangkan usaha kerajinan memanfaatkan limbah kayu palet ini. ”Selain wadah rokok, saya juga buat alat linting hingga wadah tembakau. Sekarang masing-masing kerajinan sudah memiliki tiga sampai sembilan model,” imbuhnya.

Setiap hari ia produksi karena selalu ada saja pesanan yang masuk. Teras rumah menjadi tempat bergeliatnya balok-balok kayu diubah jadi berbagai model jenis kerajinan.

Rumahnya berada di Dusun Pajaran Utara, Desa Pajaran, Kecamatan Peterongan. Dibantu dengan anak, istri dan dua karyawan lainnya, setiap harinya ia bisa memproduksi hampir 70 buah kotak rokok.

Di Jombang sendiri, prosuk kerajinannya miliknya sudah dikenal. ”Kalau di daerah Jombang sendiri, sudah ada pesanan dari daerah Kabuh, Ploso,” tambahnya.

Kini ia sedang menggarap pesanan dari Kalimantan Barat dan Bekasi. ”Bahannya ya kayu jati Belanda, limbah palet itu, sama lem,”ungkapnya.

Kerajinan yang dia buat rata-rata melayani pesanan dari pengepul. Sehingga dia tak perlu bingung memasarkan produk. Belinya grosiran dalam jumlah banyak. ”Kalau pesan di sini bisa custom desain, free desainlah,” ujar Sakur sembari memperlihatkan beragam jenis model kerajinan kotak rokok dengan desain yang bermacam-macam.

Ia juga menjelaskan bahwa sebenarnya permintaan pasar sangatlah tinggi, tapi produksi belum bisa maksimal. ”Kendalanya di mesin. Kalau bisa nambah mesin, mungkin produksi bisa lebih maksimal,” jelasnya.

Harga per bijinya bisa tembus Rp 12.500 rupiah. ”Kalau grosir, minimal order 20 biji, per bijinya 12.500 rupiah,” tambah Sakur.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia