Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Hukum
icon featured
Hukum

Pelaku Curanmor Kabuh Jombang Pengangguran, Belajar dari Youtube

17 Juni 2021, 08: 55: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Pelaku Curanmor Kabuh Jombang Pengangguran, Belajar dari Youtube

KENA BATUNYA: Tersangka dihadiahi timah panas saat melawan petugas.

Share this      

JOMBANG – Sejumlah fakta baru terkait curanmor yang dilakukan Khoirul Rocman, 31, warga Kabuh diungkap. Dalam pengakuannya, tersangka nekat mencuri karena tak punya pekerjaan tetap. Ilmu membobol kunci motor ia dapat dari media sosial (Medsos).

“Jadi tersangka dulu berprofesi sebagai tukang kayu, namun sudah tidak kerja lagi. Kemudian mulai jadi pencuri sepeda motor,” terang AKP Teguh Setiawan Kasatreskrim Polres Jombang, kemarin.

Untuk mencari sasaran sepeda motor, tersangka biasa berkeliling ke sejumlah wilayah. Karena beraksi sendirian, ia menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. “Sambil memantau calon korban sepeda motor yang akan dicurinya, kalau sudah ketemu dia akan melancarkan aksinya,” lanjut dia.

Baca juga: Cabuli Santri, Pimpinan Pondok di Ngoro Dituntut 15 Tahun Penjara

Pandemi, membuatnya semakin gelap mata. Pekerjaan yang tidak segera didapatkan, membuat ia makin sering melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor. “Ya karena kondisi perekonomiannya sulit, dia mencuri kemudian dijual, uangnya untuk kebutuhan sehari-hari,” imbuh Teguh.

Rocman juga diminta polisi untuk mempraktikkan caranya membobol kunci sepeda motor saat rilis di Mapolres Jombang (15/6). Dihadapan polisi, berbekal kunci palsu dan sedikit kutak-kutik, ia berhasil menghidupkan sepeda motor yang dicuri. “Biasanya yang jadi sasaran sepeda motor yang kuncinya menempel, atau sepeda motor yang tidak dikunci ganda,” tambahnya.

Saat ditanya darimana asal kemampuannya membobol kunci sepeda motor dengan kunci buatan itu, Rocman menjawab singkat jika meniru apa yang dilihatnya dari video youtube. “Belajarnya dari Youtube,” pungkas dia.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia