Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Hukum
icon featured
Hukum

Bawa Kendaraan Dinas, Curi Guardrail Ringroad Mojoagung Jombang

16 September 2021, 07: 30: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Bawa Kendaraan Dinas, Curi Guardrail Ringroad Mojoagung Jombang

DIAMANKAN: Kendaraan dinas milik UPT Bina Marga Mojokerto diamankan sebagai barang bukti.

Share this      

JOMBANG – Mochamad Firdaus, seorang pegawai harian lepas UPT Bina Marga Mojokerto tertangkap basah saat beraksi mencuri besi guardrail Ringroad Mojoagung, Selasa (14/9) malam. Dari tangannya, polisi berhasil menyita belasan besi guardrail hasil pencuriannya.

”Pelaku ketahuan saat beraksi, dari dua orang yang mencuri malam itu, satu berhasil ditangkap, satu lagi masih buron,” terang Kompol Purwo Atmojo Rumantyo, Kapolsek Mojoagung.

Purwo menjelaskan, penangkapan warga Desa Cakarayam, Kecamatan Prajuritkulon, Kecamatan Mojokerto itu bermula dari laporan sejumlah warga yang resah akan makin banyaknya fasilitas di Ringroad Mojoagung yang hilang.

Baca juga: Transaksi Pil Koplo Via COD, Buruh Pabrik di Jombang Diciduk

Polisi menggelar patroli malam, hingga Selasa (14/9), polisi memergoki gerak gerik mencurigakan dari dua orang di pinggir ringroad. Tepatnya masuk wilayah Dusun Pandean, Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung. ”Jadi dua orang ini sedang terlihat melepas besi guardrail pakai linggis di pinggir ringroad itu, dia juga pakai kendaraan roda tiga berpelat merah, atau kendaraan dinas waktu itu,” lanjutnya.

Anehnya, saat polisi mendekat, keduanya justru menghindar, bahkan berupaya melarikan diri. Setelah dilakukan pengejaran, salah satu Mochamad Firdaus menyerah dan berhasil dibekuk petugas. Sementara pelaku lainnya HN alias PC berhasil melarikan diri.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa sepeda motor roda tiga berpelat merah bernopol W 4223 PP, dan 13 batang besi yang sudah berhasil diambil keduanya malam itu. Kepada petugas, petugas yang sehari-hari bertugas membersihkan rumput di ringroad ini mengaku sudah dua kali beraksi. ”Pengakuan mereka, aksi pertama itu Senin (13/9), dapat enam besi, kedua itu ya pas tertangkap itu dapat 13 besi, tapi pendalaman masih teruskita lakukan,” lontarnya.

Dari keterangan pelaku, keduanya memang berniat mencuri dan menjual besi itu kepada pengepul besi.Atas perbuatannya, pelaku harus meringkuk di tahanan Mapolsek Mojoagung. Ia terancam dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. ”Ancaman hukumannya lebih dari lima tahun, pelaku sudah ditahan, dan yang kabur masih kita kejar,” pungkasnya.

(jo/riz/naz/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia