Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Events
icon featured
Events

Final Lomba Mewarnai Meriah

23 November 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Final Lomba Mewarnai Meriah

Share this      

JOMBANG – Final lomba mewarnai kerjabareng IGTKI, PGRI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Jawa Pos Radar Jombang berlangsung meriah, kemarin (22/11). Bertempat di gedung PGRI, siswa TK kelompok A dan B terbaik kecamatan berkompetisi dengan penuh kebahagiaan dan keceriaan.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua PGRI Jombang dan M Nur Kholis Direktur Jawa Pos Radar Jombang, Sulthon Bashori Rosyid Ketua IGTKI Jombang serta pengurus IGTKI kecamatan.

M Nur Kholis mengatakan, mewarnai merupakan kegiatan yang tampak sederhana, tapi cukup rumit. Bahkan tidak semua orang dewasa mampu mewarna sebagus karya siswa TK. Mulai dari pemilihan warna, memadukan, kesabaran dan ketelatenan yang membutuhkan keahlian khusus. Dan keahlian ini tidak dimiliki semua orang.

Baca juga: Lomba Mewarnai TK Mengenalkan Media Koran

Final Lomba Mewarnai Meriah

”Mereka dapat memilih komposisi warna yang pas, bahkan dari sisi psikologi hasil mewarna dapat dibaca bakat anak nanti seperti apa,” ungkapnya. Mewarna juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya melatih motorik anak. Terlebih mewarna yang dilombakan, membangkitkan semangat dan motivasi yang lebih kepada anak.

”Rasanya pasti beda saat mewarnai di rumah, dengan mewarnai yang dilombakan, mudah-mudahan sinergi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PGRI dan IGTKI semakin kuat, untuk membangun pendidikan di Jombang,” harap Kholis.

Lomba dimulai pukul 08.00 tepas. Siswa membawa meja lipat masing-masing lengkap krayon 12 warna. Dengan penuh semangat, mewarnai dimulai dengan berdoa dan menyanyikan lagu tamanku. Setelah diperbolehkan mewarna, dengan cekatan siswa langsung sigap memilih warna yang diinginkan. Serius dan teliti.

Kemudian, mereka mengumpulkan satu persatu hasil karyanya kepada dewan juri. Hasil lomaba dinilai oleh dua pengurus IGTKI kabupaten, yaitu Sulthon selaku ketua dan Nur Hadi bidang olahraga dan seni.

Untuk Kelompok A, juara 1 diraih Kecamatan Jogoroto, juara 2 Kecamatan Bareng, dan juara 3 Kecamatan Sumobito. Sedangkan kelompok B, juara 1 diraih siswa dari Kecamatan Jogoroto, juara 2 Kecamatan Wonosalam, dan juara 3 Kecamatan Mojowarno.

Jumadi Ketua PGRI Jombang menyampaikan, TK merupakan pendidikan anak usia dini dengan pondasi yang harus kuat dalam segala hal. Utamanya dalam menanamkan karakter mencintai dan menghormati guru. ”Bersama IGTKI dan Jawa Pos Radar Jombang kami ingin membangun pendidikan mulai paling dasar, untuk menumbuhkan generasi emas yang membanggakan,” tegasnya.

Dengan mengusung tema Guruku Tersayang, ia berharap siswa mengerti kasih sayang yang diberikan guru kepada siswanya. Melalui hari guru nasional dan HUT ke-76 PGRI Jombang, ia berpesan, guru harus mampu membimbing, melatih, mendidik dan memberikan contoh yang baik. ”Saya berharap event dengan Radar Jombang bisa dilaksanakan setiap tahun,” pungkas Sekretaris Dinas P dan K Jombang ini.

(jo/wen/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia