Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Talud Saluran Pembuang Longsor, Bahu Jalan Amblas

25 November 2021, 17: 51: 00 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Talud Saluran Pembuang Longsor, Bahu Jalan Amblas

Share this      

TALUD Saluran Pembuang BPP (Bangunan Papar-Peterongan) 36 di Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang longsor hingga berdampak bahu jalan, Rabu (24/11) kemarin. Akibatnya, tak semua kendaraan kini bisa melintas dengan leluasa.

Longsornya talud diketahui sejak pagi hari. Setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat Selasa malam (23/11). ”Pagi orang-orang baru tahu kalau plengsengan longsor,” kata Risna salah satu warga. Sebagian bahu jalan juga ikut amblas sampai dasar aspal terlihat jelas. Bangunan talud dari batu kali juga berserakan.

Melihat ini kendaraan yang melintas harus berhati-hati. Jalan itu merupakan akses penghubung Dusun Doyong dengan Dusun Paras. ”Kalau buat simpangan roda empat sudah nggak bisa. Sekarang mungkin harus bergantian,” imbuh dia.

Baca juga: Dibagi Menjadi Dua Venue

Karena itu, dia berharap longsoran tidak dibiarkan lama dan segera ditindaklanjuti. ”Soalnya plengsengan yang longsor juga kena jalan, khawatir tambah parah sampai jalannya ikut longsor,” katanya.

Bayu Pancoroadi Kepala Dinas PUPR Jombang, melalui Imam Bustomi Sekretaris mengaku sudah mendapat laporan longsor. Sebelum longsor, kondisi talud memang sudah dalam keadaan rusak. ”Waktu itu sudah kita laporkan supaya diikutkan kegiatan balai,” jelasnya.

Ternyata belum sempat dilakukan penanganan, talud lebih dulu longsor. Untuk sementara dilakukan penanganan darurat.  Fungsi saluran sempat berubah. Sebelumnya, air dari Sungai Brantas masuk ke saluran untuk pengairan.

”Begitu muka air brantas degradasi, air tidak bisa masuk lagi ke saluran. Akhirnya dibuatkan bendung gerak Mricak di Kediri, sekarang berubah menjadi saluran pembuang,” pungkas Bustomi.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia