Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Pekerja Koperasi dan UM

24 November 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Pekerja Koperasi dan UM

Binti Kristanti, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang memberikan kartu peserta secara simbolis kepada pelaku usaha mikro

Share this      

JOMBANG – Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jombang untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di bawah naungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang. ”Kami berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang untuk meningkatkan kualitas SDM di Jombang,” ungkap Binti Kristanti, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Dalam Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jombang itu, juga diserahkan secara simbolis dua kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada dua pelaku usaha mikro.

Untuk meningkatkan SDM, tidak cukup dengan kesejahteraan saja, tapi juga jaminan keselamatan para pekerja. Peningkatan SDM juga menunjang keberhasilan pembangunan daerah. ”Peningkatan kualitas manusia tidak mungkin tercapai tanpa adanya jaminan hidup yang pasti, perlindungan terhadap tenaga kerja juga harus disesuaikan dengan harkat dan martabat manusia atas risiko ekonomi yang mungkin terjadi saat bekerja,” jelas Binti.

Baca juga: Layani Warga, Bupati Jombang Adakan Program Tilik Desa

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Pekerja Koperasi dan UM

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang bekerja sama dengan Pemkab Jombang meningkatkan SDM tenaga kerja koperasi dan usaha mikro.

Jaminan perlindungan penting untuk diberikan kepada pekerja koperasi dan usaha mikro. Sebab mereka juga melakukan pekerjaan yang banyak dilakukan di luar rumah. Tentu ada risiko yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. ”Untuk itu sangat penting memberikan perlindungan bagi para pekerja,” harapnya.

Ada lima program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu jaminan kecelakaan kerja, pensiun, kehilangan pekerjaan, kematian, dan jaminan hari tua. ”Ada perawatan kecelakaan kerja di semua rumah sakit, ada jaminan kepada yang cacat akibat kecelakaan kerja, beasiswa untuk anak yang ditinggalkan,” rincinya.

Bahkan, BPJS Kertenagakerjaan juga dapat dijadikan syarat pengajuan uang muka untuk membeli unit perumahan.

(jo/wen/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia