Selasa, 25 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Vaksinasi Booster untuk Lansia di Jombang Mulai Dikebut

15 Januari 2022, 09: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Vaksinasi Booster untuk Lansia di Jombang Mulai Dikebut

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang drg Budi Nugroho

Share this      

JOMBANG – Vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi masyarakat di Kabupaten Jombang mulai berjalan. Menyusul sudah ada lampu hijau dari Kemenkes. Tahap awal diprioritaskan bagi kelompok warga lansia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang drg Budi Nugroho mengatakan, sesuai instruksi Kemenkes dan Gubernur Jawa Timur, Kabupaten Jombang dapat memulai vaksinasi booster. ”Jadi untuk vaksinasi booster sudah mulai sejak kemarin,” ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang, Jumat (14/1).

Dijelaskan, pada tahap awal vaksinasi booster ini diprioritaskan bagi warga lanjut usia atau kelompok masyarakat rentan. Syaratnya mereka harus sudah mendapat vaksinasi baik dosis pertama dan kedua sebelumnya. ”Dan minimal 6 bulan setelah vaksinasi dosis kedua, dan saat ini kita prioritaskan bagi lansia,” tegasnya.

Baca juga: Lanjut dan Sempurnakan Program 4G

Budi menguraikan, pemberian vaksinasi booster nantinya akan menyesuaikan vaksinasi yang tersedia. ”Saat ini, tersedia 123.234 dosis untuk masyarakat,” terangnya.

Dari hasil laporan terakhir, capaian vaksinasi untuk masyarakat umum dosis pertama sudah mencapai 89,11 persen dan dosis kedua sudah mencapai 65,93 persen. ”Kemudian dosis ketiga sudah mencapai 0,36 persen dari total target 90,103,” jelas dia.

Budi mengatakan, tujuan vaksinasi booster untuk mempertahankan kekebalan serta memperpanjang perlindungan. ”Kita berharap masyarakat ikut menyukseskan vaksinasi termasuk booster sehingga masyarakat meningkat kekebalannya dan terlindungi dari Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mendukung penuh rencana pemerintah melakukan vaksinasi booster. ”Jadi semua program pemerintah pasti kita dukung, termasuk vaksinasi booster ini,” ujar dia diwawancara terpisah.

Menurut dia, vaksinasi tersebut sebagai upaya untuk memutus mata rantai Covid-19. ”Saya berharap masyarakat ikut mendukung pelaksanaan vaksinasi booster ini,” pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia