Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Tanggul Konto Longsor Lagi, Ancam Jembatan Kayen

14 Januari 2022, 09: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Tanggul Konto Longsor Lagi, Ancam Jembatan Kayen

Share this      

JOMBANG – Tanggul sungai konto di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, kembali longsor usai diterjang arus air. Lokasinya, sangat dekat dengan jembatan jalan nasional.

Seperti terlihat Kamis kemarin (13/1), lokasi tanggul yang longsor berada tepat di utara pasangan batu Jembatan Kayen. Di antara pasangan batu jembatan dan bronjong yang dipasang BBWS tahun lalu. Tanggul yang rusak sepanjang lebih dari lima meter dengan kedalaman gerusan 50 sentimeter.

Tak hanya merusak tanggul, bangunan bekas pos petugas pengairan di atasnya juga ikut amblas. Hampir separo dari bangunan ini ikut longsor dan terjun ke sungai. “Ini sudah dua hari, longsornya Selasa malam Rabu kemarin,” ucap Timan, 64, salah satu warga Desa Kayen.

Baca juga: Sertijab Kepala Cabdin Wilayah Kabupaten Jombang

Sebelum longsor, ia mengatakan arus Konto memang cukup deras. Debit air sungai naik akibat hujan deras yang mengguyur wilayah hulu sungai. “Tanggulnya kan pasir, jadi kena air terus longsor,” imbuhnya.

Hingga Kamis siang, perbaikan belum dilakukan. Kendati demikian, beberapa orang dengan pikap terlihat datang menurunkan sejumlah karung berisi pasir. “Harapannya cepat diperbaiki, karena warga juga khawatir nanti bisa berdampak ke jembatan, kalau sampai putus kan repot,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Imam Bustomi Sekretaris Dinas PUPR  Jombang membenarkan kerusakan tanggul. Pihaknya telah melaporkan ke pihak yang berwenang. “Sungai Konto Kediri ini kewenangannya Perum Jasa Tirta, jadi kewajiban kita melaporkan saja,” ucapnya.

Kerusakan itu masih berada di tanggul tanah, dan belum masuk ke bagian pasangan batu. Namun, jika tak segera ditanggulangi, bukan tak mungkin kerusakan juga bisa meluas. “Sebenarnya di hulu (jembatan,Red) sudah dipasang penahan supaya tidak terdampak, namun ternyata yang kena di hilir (jembatan,Red),” pungkas dia.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia