Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Pengembang Tower Seluler Belum Kirim Berkas

14 Januari 2022, 09: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Pengembang Tower Seluler Belum Kirim Berkas

Share this      

SEMENTARA itu, Bayu Pancoroadi Kepala Dinas PUPR Jombang, melalui Imam Bustomi Sekdin, menjelaskan rekomendasi izin belum dikeluarkan. Sebab, pihak pengembang belum memasukkan berkas untuk keperluan persetujuan bangunan gedung (PBG).

”Rekomendasi jelas belum, sampai sekarang (kemarin, Red) mereka juga belum memasukkan berkas,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis kemarin (13/1). Sejauh ini, pihaknya hanya menerima konsultasi dari pemohon. Konsultasi itu berkaitan dengan kelengkapan syarat untuk pengurusan PBG.

”Konsultasi sudah pernah Desember dan hari ini (kemarin, Red) tanya tentang persuratan,” imbuh dia. Ia menyebut, persyaratan yang diberlakukan untuk pengurusan PBG lebih banyak dibandingkan dengan persyaratan izin mendirikan bangunan (IMB).

Baca juga: Darurat Tak Maksimal, Permanen Tak Pasti

Dalam konsultasi itu, pihak pemohon baru sebatas menanyakan apa saja persyaratan administrasi yang harus dilengkapi. ”Sebenarnya banyak yang harus dipenuhi. Mulai izin pemanfaatan ruang, sertifikat tanah, e-KTP dan sebagainya, yang jelas hal-hal bersifat administrasi,” sambung Bustomi.

Pihaknya juga tidak mengetahui, bila tower tersebut sudah berdiri kokoh di Desa Denanyar. padahal, mengurus keperluan PBG baru sebatas ditanyakan. ”Kami tidak tahu. Yang jelas untuk persyaratan kelihatannya ada yang kurang, karena semua harus di-uploud ke sistem. Kalau mereka kesulitan akan kita bantu,” ujar dia.

Dijelaskan, teknis pengurusan PBG pemohon harus mengantongi seluruh berkas persyaratan. Ketika sudah di-upload dan lengkap, baru akan ditindaklanjuti dengan langkah verifikasi. ”Kalau belum lengkap (berkasnya, Red)  akan dikembalikan. Tapi kalau sudah lengkap, ada proses konsultasi tim profesi ahli (TPA) dan tim penilai teknis (TPT),” tutur Bustomi.

Tahapan itulah yang akan menentukan semua berkas sudah sesuai ketentuan atau tidak. Baru kemudian ada penghitungan retribusi yang harus dibayar. “Setelah proses itu selesai, otomatis kita kirim (rekomendasi, Red) ke DPMPTSP via sistem,” pungkasnya.

(jo/fid/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia