Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Uri-uri Tembang Macapat

10 Oktober 2021, 17: 44: 30 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Uri-uri Tembang Macapat

BERBAKAT: Peserta final lomba macapat SD perlu dibina lagi.

Share this      

JOMBANG – Kemampuan tembang siswa patut diapresiasi positif. Paling tidak, upaya melestarikan macapat bisa ditanamkan sejak usia pendidikan dasar. Utamanya dalam memahami gatra, serta membedakan antara macapat dengan gerongan.

 ”Saya melihat banyak sekali potensi anak dalam melestarikan kebudayaan,” ucap Anom Antono Kasi Sejarah dan Budaya Dinas P dan K Jombang. Ia terdecak kagum dengan bakat-bakat yang dimiliki siswa SD yang lolos final macapat. Dengan usia yang masih anak-anak, kemampuan nembang mereka sangat bagus.

”Ada yang nembang begitu indah, tapi tetap ada koreksi, banyak yang belum mengerti bedanya macapat dengan gerongan,” jelasnya. Dalam perkembangannya, puisi tradisional yang menggunakan Bahasa Jawa ini memang semakin langka. Menurutnya seni tembang macapat perlu digalakkan sejak usia dini. Sehingga bisa mencintai seni dan kebudayaan asli Indonesia.   

Baca juga: DPRD Gelar Paripurna Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi

Sementara itu, Diah Tri Hekmawati Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, menyampaikan  kegiatan macapat dilakukan untuk memperingati bulan bahasa. Tidak hanya macapat,  ada pula lomba pidato Bahasa Indonesia, baca puisi dan  menyanyi lagu nasional. Khusus macapat diikuti 19 siswa perwakilan wilker pendidikan kecamatan.

(jo/wen/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia