Selasa, 18 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang Gelar Bimtek Komite Sekolah

03 Desember 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang Gelar Bimtek Komite Sekolah

KOMPAK: Bupati Mundjidah, Ketua DP Jatim Prof Akhmad Muzakki, Ketua DP Jombang Gufron serta peserta bimtek komite sekolah di pendopo kabupaten, kemarin.

Share this      

JOMBANG – Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Jombang menggelar bimbingan teknis (bimtek) komite sekolah/madrasah di pendopo, kemarin. Temanya, peran komite dalam mendampingi perkembangan dan penjaminan mutu pendidikan di Kabupaten Jombang. ’’Mudah-mudahan dengan bimtek ini, peran komite semakin maksimal dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,’’ kata Ketua DP Jombang, Gufron.

Bupati Hj Mundjidah Wahab sangat mengapresiasi bimtek tersebut. ’’Untuk memajukan pendidikan di Jombang, perlu  partisipasi berbagai pihak mulai dari guru, wali murid, kepala sekolah, murid, pengawas, Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, pemerhati pendidikan, masyarakat, dan komite sekolah,’’ tuturnya. 

Bupati berharap, komite sekolah menjalankan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2020 tentang Komite Sekolah. Komite sekolah memiliki fungsi untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memberikan arahan, pertimbangan dan pengawasan terhadap pengelolaan manajemen pendidikan. Serta pembangunan fasilitas pendidikan di semua jalur dan jenjang pendidikan, secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional dan akuntabel.

Baca juga: Mobil Dinas Parkir di Jalur Sepeda Jl KH Wahid Hasyim Jombang

Ketua DP Jatim, Prof Akhmad Muzakki, dalam materinya menyarankan agar komite sekolah juga mempelajari semua peraturan yang terkait. Agar dalam menggali dana tidak terjerumus pada pungutan yang dilarang pemerintah. ’’Yang dilarang itu jika pungutan diwajibkan kepada semua, nilainya ditentukan, dan waktunya juga ditentukan,’’ bebernya.

Untuk memaksimalkan peran komite, kemarin juga dibentuk forum komite sekolah di tiap kecamatan. Sehingga ke depan, koordinasi DP dengan forum komite akan semakin baik.

(jo/jif/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia