Jumat, 19 Apr 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Gerusan Makin Lebar, Tanggul Dam Yani Semakin Kritis

25 Maret 2019, 08: 14: 18 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tanggul Dam Yani, di Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang yang terus tergerus.

Tanggul Dam Yani, di Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang yang terus tergerus. (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG - Baru rampung ditangani, tak membuat tanggul di sekitar Dam Yani Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang berhenti tergerus. Bahkan, gerusan baru terus muncul dan bentuknya semakin besar.

Seperti yang terlihat kemarin, gerusan besar tanggul nampak di samping tanggul baru yang selesai dibangun. Tanah selebar 3 meter dengan kedalaman lebih dari 5 meter nampak runtuh ke dasar sungai. “Ini baru memang, masih sekitar 2-3 mingguan,” terang Tamurah, 65, salah seorang warga sekitar.

Gerusan ini disebutnya awal berupa longsoran tanah yang bentuknya kecil. Namun terus membesar seiring dengan volume air yang naik di dam. “Paling parah ya minggu kemarin, sampai bikin lubang yang dalam, pas airnya tinggi,” lanjutnya.

Wanita yang berumah di dekat tanggul sungai ini menyebut kerusakan tanggul membuat warga sekitar khawatir dan cemas. Terlebih intensitas hujan masih tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Kita sudah pernah lihat waktu jebol dulu damnya, takut kalau lubangnya tambah lebar. Kan tanggul baru bisa ikut jebol,” imbuhnya. Hingga kemarin, upaya yang sudah dilakukan hanya diberi beberapa jumbo bag berisi tanah dan menumpuk di dasar sungai. “Tapi masih separo saja. Semoga nanti ditambah sampa penuh atau ditangani yang baik, biar tidak semakin parah,” pungkas Tamurah. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia