Jumat, 19 Apr 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Komisi C Desak Ada Tindakan untuk Pengusaha Galian C Ilegal

25 Maret 2019, 08: 04: 46 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Aktivitas galian C di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang

Aktivitas galian C di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG - Miftahul Huda, Ketua Komisi C DPRD Jombang menilai, langkah penindakan terhadap galian C di Jombang masih sangat lemah. Akibatmya, mereka terang-terangan berani melakukan aktifitas kembali.

“Ini sudah saatnya pemkab berani mengambil tindakan tegas kepada pelaku pengusaha galian C ilegal,” ujarnya. Dia menilai, selama ini para pengusaha berani menjalankan akivitas di lokasi terbuka lantaran tidak ada penindakan tegas. “Mereka semakin terang-terangan melakukan aktifitas galian, merasa tidak takut karena tidak ada tindakan,” tambahnya. 

Apabila pemkab maupun aparat kepolisian mau berkoordinasi lebih lanjut, dia yakin langkah tegas bisa dilaksanakan. Dengan begitu, aktivitas penambangan galian C terkontrol dan jumlah yang tidak berijin alias galian ilegal di Jombang bisa berkurang.

“Karena mereka takut untuk membuka kembali,” bebernya. Huda juga mengingatkan, aktifitas galian C ilegal sudah secara jelas diatur pada Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009, apabila melakukan tambang tanpa izin, pelanggaran ancaman pidana palinh lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar. “Jadi itu sudah masuk ke ranah pidana,” tegas Huda.

Untuk itu, dirinya kembali mendesak agar pihak berwajib melakukan tindakan. Apalagi dampak buruk terhadap lingkungan akibat penambangan galangan juga terbuka lebar. “Tentu saja bekas galian C akan semakin banyak dan membahayakan. Saya tidak ingin ada korban lagi karena galian ini,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia