Jumat, 19 Apr 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Rel Ganda Jombang-Madiun Masih Belum Seluruhnya Dipakai

21 Maret 2019, 16: 04: 14 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Rel ganda (double track) yang menghubungkan Jombang dengan Madiun.

Rel ganda (double track) yang menghubungkan Jombang dengan Madiun. (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Pengoperasian rel ganda (double track) Jombang-Madiun belum seluruhnya. Hingga sekarang, baru dilakukan sampai di wilayah Nganjuk. Ini setelah proses pekerjaan pada jembatan belum rampung.

Sudarto Bagian Pengawasan dari Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur mengakui, jalur Sembung (Kecamatan Perak) – Kertosono (Kabupaten Nganjuk) nantinya masuk tahap ketiga. “Jadi kita itu baru mengoperasikan, kemarin baru Baron-Nganjuk,” katanya dikonfirmasi, kemarin (20/3).

Sedangkan tahap kedua direncanakan Nganjuk-Babadan (Kabupaten Madiun). “Rencananya 28 ini, tapi belum bisa dipastikan karena sekarang masih ngejar kekurangan,” sambung dia.

Terlebih untuk izin dioperasikannya jalur tersebut juga masih ditunggu. “Kalau nanti izin dari Dirjen Perkeretaapian sudah ada ya bisa operasi. Karena ini ada dua pihak, PT KAI dan Dirjen,” sebutnya. Baru kemudian disusul tahap ketiga yakni Sembung-Kertosono. Dia sendiri belum bisa memastikan kapan rel ganda tersebut beroperasi. Apalagi jembatan Brantas sampai sekarang belum kelar.

“Yang di Brantas sampai sekarang kan belum bisa, masih terkendala jembatan belum selesai. Kalau jalur Jombang-Sembung itu dulu sudah dipakai, waktu jembatan ada yang rusak,” pungkas Darto. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia