Jumat, 19 Apr 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Jembatan Mangkrak di Desa Japanan Ternyata Program Jasmas Rp 195 Juta

27 Februari 2019, 19: 50: 13 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi jembatan tanpa oprit di Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno.

Kondisi jembatan tanpa oprit di Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno.

JOMBANG – Polemik mangkraknya jembatan di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, direspons pemerintah desa setempat. Pj Kades Japanan Junaidi Catur Wicaksono menjelaskan, jembatan tersebut dibangun 2018 lalu.

Proyek itu merupakan program jaring aspirasi masyarakat (pokok pikiran) anggota DPRD senilai Rp 195 juta. “Jadi dananya itu hanya Rp 195 juta dari jasmas,” kata Junaidi dikonfirmasi kemarin (26/2).

Junaidi berlasan tak selesainya pembangunan jembatan itu lantaran kekurangan dana. “Tidak ada kendala lain, hanya dananya memang kurang, nanti diusulkan PAK tahun ini,” imbuh dia.

Dia sendiri  sudah diminta membuat proposal yang nantinya menjadi dasar dilanjutkannya pembangunan jembatan itu. “Kemarin itu diminta buat proposal lagi untuk melanjutkan tahun ini yang masih kurang,” sambung dia.

Pihaknya sebelumnya sudah berupaya agar jembatan itu tetap selesai dan bisa difungsikan. “Jadi kemarin itu mau dikasih pos dari DD (dana desa) ternyata setelah dipertimbangkan di lingkungan saja masih butuh. Makanya kemarin disuruh buat proposal untuk diusulkan ke bagian pembangunan,” beber Junaidi.

Lebih lanjut dijelaskan, jembatan itu sangat dibutuhkan warga setempat. Yakni Dusun Sedah Timur dan Barat yang terbelah adanya sungai harus memutar hingga ke dusun lain.

“Itu menghubungkan ke Sedah Barat dan Timur untuk alternatif banjir dan pertolongan ke pasar serta hajatan dan ke makam. Selama ini lewat Kedungbader,” tutur Didik sapaan akrabnya.

Karena tak bisa dipergunakan, warga setempat pun akhirnya sampai sekarang tetap jalan memutar. Meski saat ini sudah ada jembatan gantung itu. “Sementara ya masih mutar,” pungkas Didik. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia