Senin, 25 Mar 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Puskesmas Plumbon Gambang Gudo Mangkrak, Komisi C Bakal Cek Lokasi

21 Februari 2019, 09: 21: 15 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Puskesmas Plumbon Gambang

Puskesmas Plumbon Gambang (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG - Masih adanya permasalahan proyek gedung Puskesmas Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, mendapat sorotan dari kalangan DPRD. Miftahul Huda, ketua Komisi C sangat menyayangkan kondisi bangunan, yang berujung pihak puskesmas belum menempati.

Pelayanan puskesmas sampai kemarin masih menumpang ke balai desa. “Saya sudah seringkali mengatakan untuk proyek terlebih untuk pelayanan masyarakat harus benar-benar diawasi dengan baik,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Ia mengungkapkan, kondisi seperti ini pastinya masyarakat yang akan dirugikan. Karena pelayanan kesehatan menjadi tidak maksimal. Menurut informasi yang dirinya dapat, pembangunan tersebut tidak sesuai dengan RAB.

Sehingga, dirinya berharap pihak Inspektorat segera turun tangan untuk melihat permasalahan yang ada di puskemas teresebut.

“Kami berharap memang Inspektorat harus segera turun,” ungkapnya. Ia juga menambahkan, plafon anggaran pembangunan Rp 1,8 miliar. Namun dimenangkan kontraktor dengan penawaran Rp 1,2 miliar, sebenarnya tak masalah jika pekerjaan proyek tetap sesuai RAB. Sehingga kualitas tetap terjaga.

Namun, papar Huda, sebagian besar proyek yang penawarannya jauh di bawah pagu, kualitasnya seringkali jelek. Bahkan bisa berujung proyek gagal. “Ini tergantung juga PPK (pejabat pengguna anggaran), konsultas pengawas dan dinas terkait yang mengawasi pelaksanaan proyek,” urainya.

Untuk itu, Pemkab harus mengevaluasi ke depannya agar tidak terjadi seperti ini lagi. Selain itu, pihak kontraktor juga seharusnya mendapat sanksi tegas dan memasukan ke daftar hitam tidak hanya nama CV atau PT-nya, namun juga nama pemiliknya secara individu.

“Pihak kontraktor secara individu juga harus mendapat sanksi tegas agar kejadian tidak terulang kembali. Karena ini juga merugikan negara maupun masyatakat," pungkasnya.

Imam Hanafi, sekertaris Komisi C menambahkan, pihaknya juga sudah mendapat keluhan dari masyarakat terkait permasalahan di Puskesmas Plumbon Gambang. Pihaknya, juga sudah menjadwalkan untuk meninjau lokasi tersebut.

“Kami juga akan tinjau ke lokasi untuk mencari informasi yang lebih dalam terkait pembangunan puskesmas tersebut,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia