Senin, 21 Jan 2019
radarjombang
icon featured
Hukum

Berkas Kasus KUR Bank Jatim Siswo Iryana Diajukan Sidang Januari

28 Desember 2018, 14: 23: 18 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jombang Syafiruddin

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jombang Syafiruddin (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Usai menetapkan Siswo Iryana menjadi tersangka kasus kredit fiktif Bank Jatim Jombang, penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur terus  melengkapi berkas perkara. Sesuai rencana, Januari perkara sudah masuk sidang.

”Laporan terakhir yang saya terima, kemungkinan Januari sudah dilimpahkan ke pengadilan,” beber Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jombang Syafiruddin (27/12) kemarin. Pasalnya penyidik juga mempertimbangkan masa penahanan.

”Masa penahanan juga terbatas. Bukti dan data pendukung sudah dipegang penyidik, sehingga proses berkas tidak akan kesulitan,” imbuhnya. Dirinya menyebut, meski kasusnya ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, namun dalam prosesnya Kejari Jombang juga dilibatkan.

”Jadi dari anggota penyidik gabungan, salah satu anggotanya dari penyidik kita, dalam hal ini Kasipidsus,” imbuhnya. Sebelumnya, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Didik Farkhan Alisyahdi menyebut hingga kini masih fokus merampungkan berkas tersangka Siswo Iryana untuk segera dikirim ke jaksa penuntut umum.

“Berkas perkara masih terus dikebut, tapi sudah hampir rampung. Tinggal menambahkan keterangan beberapa saksi lagi, setelahnya bisa segera dilimpahkan ke jaksa penuntut,” ujar Didik. Disinggung apakah penyidik masih akan melakukan pengembangan ke sejumlah tersangka lain yang terindikasi terlibat korupsi program kredit usaha rakyat (KUR) di Bank Jatim Cabang Jombang tersebut, Didik membenarkan.

“Hasil pemeriksaan saksi, mengarah keterlibatan pelaku lain, masih kita kaji,” tegasnya. Selama proses penyidikan, tersangka Siswo ditahan di rumah tahanan Kejati Jatim.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengusutan kasus korupsi kredit usaha rakyat (KUR) Bank Jatim Cabang Jombang jilid II oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur memasuki babak baru. Penyidik Kejati menetapkan Siswo Iryana, mantan anggota DPRD Jombang sebagai tersangka. Namanya masuk daftar debitur ultimate.

Siswo terancam dijerat pasal 2 dan 3 UU RI nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia