Selasa, 11 Dec 2018
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Kabel Hingga Transformator Diamankan Tim Labfor dari Kampus Undar

05 Desember 2018, 10: 26: 24 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tim Labfor Polda Jatim melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di kampus Undar Jombang

Tim Labfor Polda Jatim melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di kampus Undar Jombang (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Usai kebakaran menimpa gedung Advance Lecturing milik Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang Senin (3/12) malam, tim Laboratorium Forensik Polri langsung melakukan olah tempat kejadian perkara.

Sejumlah barang bukti diamankan itu diduga kuat berkaitan dengan kebakaran yang terjadi. Diantaranya arang abu, kabel, hingga transformator listrik gedung dan barang-barang lainnya.

Benda-benda yang diamankan dari dalam gedung yang terbakar lalu dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Kepada awak media di lokasi, Kasubdit Fiskom Labfor Polri Cabang Surabaya AKBP Joko Siswanto menyebut tim datang karena diminta bantuan melakukan olah TKP.

“Kami memang dimintai bantuan untuk memeriksa, penyebab kebakarannya apa dan sumbernya dari mana,” terang Joko. Karena penyelidikan masih berjalan, Joko belum bisa menyebut apa penyebab pasti kebakaran.

Pihaknya juga enggan berspekulasi sebelum hasil laboratorium resmi keluar. “Saya tidak mau menyimpulkan dulu, yang jelas akan kami uji dulu. Kurang lebih seminggu biasanya akan sudah keluar hasilnya,” pungkasnya.

Sementara itu pantauan di lokasi, tim Labfor Polri yang datang sejumlah lima orang. Sebelum masuk ke lokasi kebakaran, mereka lebih dulu menemui perwakilan rektorat kampus.

Tim kemudian masuk ke gedung, menuju ke lantai dua gedung sisi barat yang disebut-sebut menjadi titik awal munculnya api. Selanjutnya petugas menyebar ke beberapa ruang.

Sejumlah mahasiswa hingga petugas keamanan kampus yang sebelumnya mengetahui munculnya api, juga dimintai keterangan. Upaya rekonstruksi beberapa jendela kaca juga dilakukan petugas identifikasi di dalam gedung yang terbakar. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia