Rabu, 12 Dec 2018
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pemkab Jombang Usulkan Perangkingan CPNS Dibawah Passing Grade

16 November 2018, 11: 33: 27 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sidak pelaksanaan tes CPNS yang dilakukan DPRD Jombang

Sidak pelaksanaan tes CPNS yang dilakukan DPRD Jombang (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG – Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) tidak hanya membuat peserta CPNS kecewa. Pemkab Jombang sendiri juga prihatin dengan minimnya pelamar CPNS yang gagal memenuhi passing grade.

Sambil menunggu keputusan Panselnas CPNS, pemkab akan mengusulkan perangkingan peserta yang tak memenuhi ambang batas. Untuk diketahui, dari total 4.191 peserta yang sebelumnya lolos seleksi administrasi dan mengikuti SKD itu hanya 187 orang memenuhi passing grade.

Setelah dianalisa, 187 peserta yang lolos SKD itu tak mewakili 187 formasi yang ditawarkan. Mereka masuk ke 84 posisi yang ditawarkan dari semua 428 posisi. Sehingga sebanyak 344 posisi terancam kosong.  

”Semua daerah tentu ingin mengusulkan agar ada solusi terkait CPNS ini, termasuk Kabupaten Jombang. Apalagi peserta yang lolos passing grade sangat minim,” ujar Akhmad Jazuli, Sekdakab Jombang kemarin (15/11).

Pihaknya berharap ada solusi terbaik sehingga kebutuhan ASN bisa terpenuhi, baik dengan cara perangkingan atau penurunan passing grade. Apalagi minimnya peserta yang lolos SKD ini tidak hanya terjadi di Pemkab Jombang.

Akan tetapi semua daerah di Jawa Timur bahkan nasional. ”Semua instansi atau pemkab tentu membutuhkan banyak ASN. Dari formasi yang diberikan saja sebenarnya masih kurang, kita lihat saja nanti seperti apa kebijakan pusat,” pungkasnya.

Sebelumnya, hanya 4,56 persen atau 187 peserta CPNS Kabupaten Jombang yang mencapai passing grade. Jumlah peserta yang tidak lolos sebanyak 4.094 orang itu gagal mencapai ambang batas yang ditetapkan BKN.

Sedangkan 97 peserta lainnya memilih tidak hadir sehingga otomatis dinyatakan gugur. Kelulusan SKD tersebut mengacu pada passing grade atau nilai ambang batas.

Untuk jalur umum 143 untuk Tes Karateristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). (*)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia