Rabu, 12 Dec 2018
radarjombang
icon featured
Events

Olah Susu Jadi Es Krim, Kades Galengdowo Raih Juara 1 APN Jatim

10 November 2018, 16: 43: 06 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kades Galengdowo Wartomo yang berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur penghargaan APN.

Kades Galengdowo Wartomo yang berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur penghargaan APN. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG - Pemkab Jombang patut berbangga. Kades Galengdowo Wartomo berhasil meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-38 di Jatim Expo Surabaya, Senin (5/11) lalu.

Wartomo harus bersaing ketat dengan seluruh peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Namun berkat keseriusan Wartomo, juara 1 kategori pembina ketahanan pangan akhirnya berhasil diraih.

Penghargaan ini diserahkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Hadi Sulistyo. Wartomo memperkenalkan potensi lokal di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam yaitu olahan susu sapi perah.

“Desa Galengdowo berada di kaki Gunung Anjasmara yang geografisnya adalah perbukitan. Sehingga kalau diangkat sisi pertanian tentu kurang kuat,” jelas dia. Terobosan yang dibuat, adalah mengolah susu sapi perah sebagai bahan baku es krim.

“Kami memberdayakan warga sejak 2017. Ini juga yang membuat juri tertarik. Mereka kami ajak ke lapangan langsung untuk melihat proses pembuatan,” jelas dia. Alumni Fisipol Untag Semarang ini pun akhirnya dinobatkan menjadi juara 1.

Pria kelahiran Jombang 30 Agustus 1967 ini memang dikenal memiliki gagasan yang inovatif. Itu dibuktikan dari beberapa event yang pernah digarapnya, mulai dari ketua panitia Keduri Durian Jombang selama tiga tahun berturut-turut.

Wartomo juga menjadi penggagas kontes kambing PE tingkat nasional sejak 2017, penggagas Bancaan Salak Galengdowo sejak 2016, dan penggagas pembentukan kelompok susu Galengdowo sejak 2017 yang per harinya mampu menghasilkan 2.500 liter susu.

Di kantor Desa Galengdowo, tampak berbagai macam piala, serta piagam penghargaan yang sudah diraih mulai tingkat kabupaten hingga provinsi. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia